Aziz: Generasi Muda Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

JAKARTA (Pos Sore)— Ketua Umum Pimpinan Pusat Kosgoro, Aziz Syamsudin mengatakan, kebijakan ekonomi global semakin hari semakin tidak memihak kepada masyarakat. Ditambah dengan masuknya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang membuat mayarakat Indonesia semakin sulit untuk bersaing.

“Karena itu, koperasi harus ditumbuhkan kembali sebagai cikal-bakal dan soko guru perekonomian nasional. Untuk itu, saya himbau masyarakat Indonesia khususnya generasi muda ada baiknya tidak berfokus kepada pencarian lapangan kerja tapi menciptakan lapangan kerja,” tegas Aziz dalam simposium nasional ‘Economi Global-Sistem Pertahaman Ekonomi Nasional Menyikapi Perubahan Kebijakan Ekonomi Global Dalam Konteks MEA’, Jumat (14/4).

Menurut Aziz, generasi muda jangan hanya berharap untuk mendapat kerja, jiwa menjadi seorang entrepreneur harus ditanamkan agar dapat menciptakan lapangan kerja guna menciptakan ekonomi Indonesia yang lebih baik.

Jika generasi muda ditanamkan jiwa wirausaha atau entrepreneur, mereka bukan hanya dapat membuka lapangan kerja baru tetapi juga dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik buat bangsa dan negara.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman sebagai keynote speaker berharap agar generasi muda Indonesia semakin baik membangun ekonomi bangsa di tengah persaingan global yang keras saat ini.

“Bagaimana pun Indonesia merupakan negara terbesar di Asia yang menjadi penggerak pembangunan di tingkat global seperti saat ini. Karena itu generasi muda jangan hanya terfokus dalam mencari kerja. Namun, juga memiliki jiwa wirausaha untuk menjadi pengusaha meningkat ekonomi bangsa,” kata anggota DPD RI dari Sumatera Barat ini.

Untuk itu, pemerintah harus meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Terutama dalam sektor perdagangan, investasi, engineering, dan information technology (IT). Dengan begitu, kita bukan hanya mendapatkan penghasilan tapi juga dapat menciptakan pembangunan ekonomi yang lebih baik. (akhir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!