LLP-KUKM Tularkan Virus Positif Para Pengusaha kepada Wirausaha Pemula

Sabtu, 16 Apr 2016

JAKARTA (Pos Sore) – Peningkatan dayasaing pelaku usaha menjadi penting di era masyarakat ekonomi Asean. Karenanya, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM terus menggandeng berbagai pihak untuk memanfaatkan layanan fasilitas Galeri Indonesia WOW yang terdapat dalam gedung Smesco/RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UKM).

“Gedung Smesco ini bisa menjadi wadah bagi start up atau wirausaha pemula untuk meningkatkan dayasaing produk yang sudah dimilikinya. Smesco ini menjadi laboratorium kewirausahaan. Karenanya, program penumbuhan kewirausahaan terus menerus dilakukan, salah satunya dengan menggandeng komunitas Excellent,” kata Direktur Utama LLP-KUKM, Ahmad Zabadi, di sela Smesco Excellent Enterpreuners Seminar, di gedung Smescco, Jakarta, Sabtu (16/4)

Menurutnya, di era ekonomi digital, sosial media menjadi kekuatan penting untuk mengembangkan usaha. Para pelaku usaha pun harus mampu untuk membangun link di antara mereka. LLP-KUKM berupaya memfasilitasi pertemuan antara pelaku usaha, terutama pelaku usaha pemula, dengan mengadakan berbagai event dalam tiap minggunya. Mulai dari pameran, seminar, pelayanan konsultasi dan lainnya.

“Kegiatan yang dilakukan sepekan sekali ini diharapkan bisa menjadi kawah candradimukanya para pelaku usaha industri kreatif utamanya pengusaha kecil dan menengah,” katanya.

Ahmad Zabadi berpendapat, melalui pertemuan antar pelaku usaha pemula ini bisa terbangun link sehingga terjadi proses sharing pengalaman. Ini penting agar para pengusaha pemula bisa belajar lebih banyak tentang dunia usaha yang tengah ditekuni.

“Intinya kita ingin menularkan virus-virus positif dari para pengusaha. Smesco sebagai rumah para pengusaha kecil menengah dan mikro ingin menguatkan peran sebagai wadah bagi lahirnya para entrepreneur muda di Indonesia,” tambahnya.

Berbagai industri kreatif mulai dari fesyen, kerajinan hingga kuliner masih memiliki peluang besar untuk digarap para generasi muda. Kuncinya bagaimana produk yang dihasilkan memiliki daya kreatif tinggi dan nilai ekonomi.

Sementara itu Kepala Devisi Bisnis LLP KUKM Kemenkop UKM Attajudin Noor mengatakan bahwa potensi industri kreatif di Indonesia masih sangat besar. Potensi tersebut belum sepenuhnya digarap.

“Kita harus lakukan langkah yang lebih baik lagi ke depan agar industri kreatif, produk-produk kita tidak diklaim negara lain,” katanya.

Attajudin menilai pentingnya pelaku usaha kecil mendaftarkan produknya untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual atau Haki. Dengan Haki maka produk industri kreatif lokal bisa terlindungi.

Mampang Prapatan-20160416-02253

Direktur Pemasaran dan Bisnis LLP-KUKM, Bagus Rachman, saat menjadi narasumber Smesco Excellent Enterpreuners Seminar, mengatakan Galeri Indonesia WOW menjadi media bagi para generasi muda (youth), perempuan (women), dan pengguna internet (netizen) untuk mengenal, belajar, berpraktek dan menjadi wirausaha yang kreatif dan produktif dengan memanfaatkan 5 (lima) diferensiasi, yaitu Co-Working Space, Maker Space, Investor Meeting Point, Creative Stage dan Currated Concept Store serta Pop-Up Store.

“Salah satu tujuan dibangunnya Galeri Indonesia WOW yaitu untuk menumbuhkan para start-up Business atau wirausaha pemula, LLP-KUKM mengajak para generasi muda untuk memanfaatkan fasilitas layanan yang ada di Galeri Indonesia WOW, sehingga diharapkan para generasi muda ini dapat membangun komunitas para wirausaha muda di sini, yang pada akhirnya nanti jumlah wirausaha di Indonesia akan terus bertambah. Wow itu sendiri kan bisa diartikan keren, hebat,” paparnya.

Dikatakan, di Galeri Indonesia WOW yang berada dalam gedung Smesco ini ibarat TMII produk UKM Indonesia, dari Sabang sampai Mauroke. Semua produk UKM di seluruh Indonesia ada di sini. Produk yang tak kalah dengan brand luar negeri.

“Banyak yang berpendapat produk UKM itu jelek, tidak bertahan lama. Padahal tidak begitu. Tidak banyak yang tahu produk UKM kita juga oke. Ini sepatu yang saya pakai produk UKM yang ada di Smesco ini. Harganya terjangkau dan tahan lama,” ungkapnya. (tety)