Gandeng 3 BUMN, LLP KUKM Percepat Pengembangan Ekspor Produk UKM

Sabtu, 30 Apr 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Koperasi dan UKM, Kementerian Koperasi dan UKM tengah mengupayakan untuk mendorong percepatan pengembangan ekspor produk-produk UKM ke luar negeri. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengajak kerja sama sejumlah perusahaan BUMN.

Direktur Utama LLP KUKM, Ahmad Zabadi mengatakan ada tiga perusahaan BUMN yang kali ini diajak kerja sama, yaitu Sarinah, PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) dan PT Sucofindo (Persero). Kerja sama mereka telah dituangkan dalam nota kesepahaman bersama (MoU).

“Kami sudah beberapa kali melakukan pertemuan. Senin kita lakukan pertemuan lagi,” ujar Zabadi di Denpasar, Bali, Sabtu (30/4/2016).

Sebagai BUMN, Sarinah dinilai memiliki sumber daya untuk mendukung sebagian kebutuhan finance, kemudiaan kerja sama dengan PT Sucofindo berupa sertifikasi produk, sedangkan dengan PT BGR akan mendukung aspek logistik.

“Kita akan mempermudah, dalam tanda petik kerja sosial bagi mereka (UKM). Jadi ini bagian dari tanggung jawab dari BUMN-BUMN itu untuk berperan mempercepat pengembangan ekspor UKM,” katanya.

Zabadi mengungkapkan pihaknya sedang memverifikasi 58 produk UKM, diantaranya UKM bidang furniture, hendycraft dan aksesoris. Hasil dari verifikasi itu akan dijadikan sebagai pilot projeck.

“Kita tagetnya mudah-mudahan Mei atau Juni sudah melakukan verifikasi. Lalu kita jadikan sebagai satu pilot projeck, kami punya data dari 58 yang diverifikasi baru 11,” katanya.

Dalam kesempatan kunjungan kerja ke Bali, Zabadi melakukan blusukan ke pusat kerajinan kain di pasar Klungkung, Kabupaten Klungkung. Di pasar itu, ia melihat banyak produk kain yang disajikan dengan motif dan kualitas yang layak masuk pasar ekspor.

“Saya melihat ini satu kesempatan bagi kami yang langsung melihat di sentra-sentra produksi,” papar Zabadi. (tety)