10.8 C
New York
13/05/2021
Aktual

Demo KOWANI: Kejahatan Seksual Harus Dicegah

Gambir-20160504-02368

JAKARTA (Pos Sore) — Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) melakukan aksi simpatik menyusul tewasnya pelajar siswa SMP yang baru berusia 14 tahun akibat kasus kekerasan seksual yang menimpanya. Bersama organisasi lain yang juga melakukan demo damai menyerukan ‘stop kekerasan seksual’.

“Kami sebagai organisasi federasi terbesar dan tertua di Indonesia sangat prihatin dan tergerak atas kejadian yang menimpa anak remaja yang tewas setelah diperkosa oleh 14 pria di desa kecil di Bengkulu. Kami sangat prihatin. Kowani sangat mengutuk perbuatan biadab tak berperikemanusiaan itu,” kata Ketua KOWANI, H. Oni Jafar Hafsah, di sela demo di silang Monas Jakarta, Rabu (4/5).

Melalui aksi ini, KOWANI berharap semua pihak meningkatkan kepedulian terhadap perlindungan hak wanita dan perlindungan anak. Selain itu, meningkatkan kepedulian terhadap segala bentuk tindak kekerasan, utamanya terhadap anak dan wanita.

“Kita harus membangun kesepahaman bersama dalam masyarakat bahwa kejahatan seksual apapun bentuknya harus dicegah. Pencegahannya harus berbasis masyarakat sehingga memunculkan kesiapsiagaan pentingnya mendeteksi dini aktifitas para pelaku kejahatan seksual di lingkungan terdekat,” jelasnya.

Karenanya, organisasi yang beranggotakan 86 organisasi perempuan tersebut akan mendampingi dan mengawal RUU Anti Kekerasan Seksual agar dapat ditetapkan sebagai UU.

“Kekerasan seksual telah menjadi masalah serius, maka intervnesi juga harus serius. Jangan sampai masalahnya serius, namun pola penanganannya biasa-biasa saja,” tandasnya.

Bentuk keseriusan yang dimaksud yakni dengan memaksimalkan pembangunan sistem perlindungan anak dari kejahatan seksual dan memaksimalkan pembangunan sitem perlindungan anak dari kejahatan seksual.

Pihaknya berharap tak ada lagi kejadian memilukan yang menimpa anak-anak dan perempuan. (tety)

Related posts

Otak Pembobol ATM Melawan Petugas Tewas Ditembak

Tety Polmasari

Menkes: Virus Corono Belum Tentu Dari Unta

Tety Polmasari

2 Orang Tewas Akibat Kecelakaan

Tety Polmasari

Leave a Comment