Kemendagri Permudah Warga Urus e-KTP dan Akta Kelahiran

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempermudah warga mengurus e-KTP dan akta kelahiran. Untuk mengurus kedua surat tersebut, tidak perlu lagi membawa surat pengantar dari RT, Kecamatan dan lain-lain. Cukup dengan fotokopi Kartu Keluarga (KK) warga sudah bisa mendapatkan dua dokumen itu.

Seperti diunggah dalam situs Kemendagri.go.id, Mendagri Tjahjo Kumolo telah mengirimkan surat bernomor 471/1768/SJ tentang Percepatan Penerbitan e-KTP dan Akta Kelahiran, Kamis (12/5).
Tjahjo memerintahkan Gubernur dan Bupati/Wali kota seluruh Indonesia untuk mempercepat layanan perekaman e-KTP dan penerbitan akta kelahiran.

Pertimbangan percepatan dua layanan dokumen tersebut karena cakupan perekaman e-KTP sampai saat ini hanya mencapai 86 persen dan cakupan kepemilikan Akta Kelahiran mencapai 61,6 persen.

“Dengan tertatanya database kependudukan di seluruh Indonesia, dalam pelayanan perekaman, penerbitan, dan penggantian e-KTP yang rusak dan tidak mengubah elemen data kependudukan, maka perlu penyederhanaan prosedur yaitu cukup dengan menunjukkan fotokopi KK tanpa surat pengantar dari RT, RW dan kelurahan atau kecamatan,” tegas Tjahjo.

Karena itu, Tjahjo meminta para gubernur, bupati atau wali kota seluruh Indonesia agar membuka loket khusus untuk pelayanan bagi penduduk yang belum mendapatkan e-KTP pada saat perekaman massal dan memberikan pelayanan rekam cetak di luar domisili sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8/2016.

Selain itu, para gubernur, bupati/wali kota perlu menjemput bola dengan pelayanan keliling untuk perekaman di sekolah, kampus, mall, perusahaan-perusahaan, panti jompo, lembaga pemasyarakatan, dan desa/kelurahan.

“Bagi penduduk yang pada tanggal 1 Mei 2016 sudah berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah, dan tidak sedang menetap di luar negeri, maka wajib melakukan perekaman paling lambat tanggal 30 September 2016,” ujarnya. (akhir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!