21 C
New York
13/06/2021
Aktual

Besok, Polimedia dan 43 Politeknik Negeri Serentak Adakan UMPN

JAKARTA (Pos Sore) — Tak hanya Perguruan Tinggi Negeri saja yang melakukan ujian masuk serentak, Politeknik Negeri pun demikian. Besok, Sabtu (11/6), Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) bersama 43 politeknik negeri lainnya menyelenggarakan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) secara serentak.

Untuk Polimedia sendiri sekitar 858 calon mahasiswa bersaing memperebutkan kursi di Polimedia Jakarta, Polimedia Medan, dan Polimedia Makassar dalam Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru tersebut.

“Besok, ada 2 ujian seleksi. Paginya ujian tertulis dan siangnya ujian menggambar bagi yang mengambil program studi desain grafis, animasi, desain grafis, dan mode,” kata Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Media Kreatif, Mulyanuddin, S.Pd, MM, yang juga Penanggungjawab UMPN 2016, di Jakarta, Jumat (10/6).

Ia menjelaskan, sebenarnya yang mendaftar UMPN Media Kreatif melebihi target yang ditentukan, namun yang memenuhi persyaratan administrasilah yang berhak mengikuti UMPN.

“Daya tampung tiap program studi masing-masing 2 kelas, tiap kelasnya terdiri dari 32 mahasiswa. Di Polimedia Jakarta ada 10 prodi, di Makassar 3 prodi, dan di Medan 3 prodi. Apakah suatu prodi terdiri dari 1 atau 2 kelas tergantung dari berapa banyak peminat yang lolos seleksi,” jelasnya.

Ia menegaskan, bisa saja Polimedia menampung banyak mahasiswa baru, namun pihaknya lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitas. Pihaknya tidak ingin banyak menampung mahasiswa baru daripada menghasilkan lulusan yang tidak berkualitas.

Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru, Drs. Benget Simamora MM, yang juga Kepala Jurusan Penerbitan, menambahkan, ujian tertulis yang harus diikuti yaitu materi Pancasila, Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Bahasa Indonesia, dan Tataniaga. Sedangkan ujian gambar dikhususkan bagi calon mahasiswa yang memilih program studi Animasi, Desain Grafis, dan Mode.

Menurutnya, animo masyarakat mengenyam pendidikan di Polimedia cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan selalu meningkatnya jumlah peserta yang mengikuti UMPN. Bisa dikatakan terjadi peningkatan 100% dibanding tahun sebelumnya.

“Prodi yang paling banyak diminati yaitu Broadcast, Desain Grafis, dan Multimedia. Disusul Teknik Kemasan, Teknik Grafika, Fotografi, Desain Mode, Penerbitan, dan Periklanan. (tety)

Related posts

Stop Upaya Ganggu Bisnis BUMN Kepelabuhanan

Tety Polmasari

Penuhi Kebutuhan Daging, Andi: Bulog Harus Manfaatkan Hasil Ternak Lokal

Akhir Tanjung

Hasil Studi: 76% Wanita Inginkan Pria Feminim

Tety Polmasari

Leave a Comment