21.6 C
New York
18/09/2021
Aktual

Ekspor Produk Mitra LLP-KUKM: Menuju UKM Naik Kelas

IMG-20160630-WA0003

JAKARTA (Pos Sore) — Kunjungan delegasi Sinegal ke gedung Smesco RumahKU (Rumah Koperasi dan UKM) pada April 2016 rupanya membuahkan hasil. Produk furniture bambu dari UKM Shaniqua Bamboo asal Rangkas Bitung, mitra binaan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) dipesan negara itu.

Produk yang dikirim sebanyak satu kontainer 40 feet senilai Rp325 juta. Sebelumnya produk UKM ini juga dipesan oleh negara Jerman. Ini berarti ekspor untuk kedua kalinya pada Juni ini.

Selain itu, produk kopi jenis kopi Arabica dari UKM JPW Coffee Sumatera Utara sebanyak satu kontainer 20 feet atau 1 ton kepada dikirim kepada buyer di China senilai Rp150 juta. Ini pun hasil tindak lanjut dari kunjungan delegasi Cina ke Smesco pada awal 2016, yang kemudian dilanjutkan pengiriman kepada buyer di Australia sebanyak 1 kontainer atau 3 ton senilai Rp250 juta.

Senyum Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga terus mengembang saat melepas produk ekspor KUKM mitra LLP-KUKM di halaman gedung Smesco RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UKM), Kamis (30/6). Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi juga tak henti-hentinya mengembangkan senyum.

“Ekspor produk mitra LLP- KUKM  menunjukkan UKM masih tangguh di tengah pelemahan global, dan semangat ekspor ini khususnya di kalangan UKM harus terus digelorakan. Saya minta mitra LLP-KUKM terus meningkatkan kemampuannya agar dayasaingnya juga meningkat,” kata Puspayoga.

Dirut LLP-KUKM Ahmad Zabadi berharap dari adanya permintaan ekspor produk UKM mitra LLP-KUKM, mitra tersebut bisa ‘naik kelas’ ke level mandiri sehingga memunculkan ‘orang kaya baru’. Ketika mitra binaan ini pun mandiri, maka posisinya akan diganti dengan pelaku UKM lain yang membutuhkan pembinaan dan pendampingan dari LLP-KUKM.

“Saya menargetkan setidaknya setiap tahun ada 1 mitra LLP-KUKM yang naik kelas. Jadi setiap tahunnya ada pelaku UKM yang menjadi ‘orang kaya baru’,” kata Ahmad Zabadi.

Tetapi kalau ternyata pelaku UKM tidak berkembang juga atau tidak naik kelas, Ahmad Zabadi menandaskan, bukan berarti juga LLP-KUKM harus komplain. Karena tidak berkembangnya usaha yang digeluti pelaku UKM bukan semata-mata faktor internal, tetapi juga faktor eksternal seperti kebijakan pemerintah atau kondisi perekonomian secara global.

2B8A8730

“Kita harus fair melihatnya. Kalau tidak naik kelas, bukan berarti program gagal. Selama masih memerlukan dukungan, ya tetap harus kita bina dan dampingi karena memang ini menjadi tugas LLP-KUKM. Kita hanya menjembatani dan melayani para UKM dalam pengembangan akses pasar,” ujar Ahmad Zabadi.

Ahmad Zabadi menambahkan, mitra binaan LLP-KUKM yang juga akan mengekspor dalam waktu dekat ini, yaitu UKM Arjuna 999 Malang yang pada Juli ini akan mengeksport produk kripik sebanyak 1 kontainer 20 feet kepada buyer di Korea Selatan senilai Rp186 juta, yang merupakan tindak lanjut dari pameran TDA di Malang pada 2015.

Selain itu, lanjut Ahmad Zabadi, produk fashion bag berbahan dasar ular phython sebanyak 200 tas yang akan dikirim ke buyer di Tokyo, Jepang, senilai Rp500 juta dari UKM Scano Exotic. Ada juga dari UKM Rumah Putri berupa produk Bed Sheet sebanyak 137 item yang akan dikirim ke buyer di Paranaque, Philipina senilai Rp40 juta.

“Pada bulan Juli juga, produk jamu dan minuman herbal dari Wonosobo senilai Rpp150 juta dikirim kembali ke buyer Belanda. Begitu pula tas kulit dari UKM Cardina dari Bekasi yang kembali mendapatkan pesanan buyer dari Timur Tengah dengan nilai transaksi sebesar Rp500 juta,” tambah Ahmad Zabadi.

Ahmad Zabadi mengaku merasa puas dan bangga jika apa yang sudah diupayakan oleh pihaknya membuat UKM mitra binaan bisa sukses dan produknya dieksport ke berbagai negara. Pihaknya akan terus aktif mengajak mitra LLP KUKM untuk melakukan promosi pameran ke luar negeri. (tety)

Related posts

Essentials of the Electronic Workplace

Tety Polmasari

Jaga Ketahanan Ekonomi Nasional, KemenKopUKM Lakukan Transformasi Kebijakan

Tety Polmasari

BTN Dukung Pemberdayaan Srikandi Berkualitas

bambang tri

Leave a Comment