21.6 C
New York
18/09/2021
Aktual

Menko PMK Serahkan Daging Hibah ke Masyarakat

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Keuangan melalui Bea Cukai Tanjung Priok menghibahkan 21.847,22 kg daging sapi asal Australia kepada masyarakat. Penghibahan ini secara simbolis dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Daging Sapi itu disita oleh Bea Cukai Tanjung Priok pada 30 dan 31 Mei 2016, dikarenakan PT SNJ dan PT ABU sebagai importer melanggar Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 05/M-DAG/PER/1/2016 tentang ketentuan ekspor dan impor hewan dan produk hewan sebagaimana tertera pada lampiran III dan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 59/Permentan/PK.210/11/2015 tentang karkas, daging, dan/atau olahan lainnya ke dalam wilayah Republik Indonesia.

Berdasarkan peraturan, daging sitaan itu bisa saja untuk dimusnahkan atau dihibahkan. Pemerintah pun memilih opsi dihibahkan.

IMG_9793

“Pemerintah menyakini daging sitaan ini akan bermanfaat bagi masyarakat mengingat Hari Raya Idul Fitri 1437 H sudah di depan mata. Hibah juga sangat berguna bagi mereka yang memiliki akses terbatas mengkonsumsi daging,” kata Puan Maharani, di Jakarta, Kamis (30/6).

Karena itu pula, daging sapi ini akan disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) kepada Panti Sosial Pemerintah dan swasta binaannya. Menko PMK berharap agar Kemensos dapat secepatnya menyalurkan daging hibah dari Bea dan Cukai secara merata.

Terkait kualitas daging, Menko PMK menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir mengingat daging beku itu telah dilengkapi dengan hasil pemeriksaan karantina, sertifikat halal dan jaminan mutu sehingga aman untuk dikonsumsi.

Penyaluran secara simbolis dilakukan Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, kepada Menko PMK, di KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selanjutnya, daging itu diserahkan kepada Kementerian Sosial untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Menko Puan menambahkan, seluruh daging hibah itu akan disalurkan mulai 30 Juni hingga 2 Juli mendatang. Rencananya, seluruh daging sapi beku ini diberikan kepada 43.600 jiwa. Mengenai mekanisme penyalurannya, Kemensos berpatokan pada jumlah data penghuni panti sosial, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta di Jakarta. Nantinya, setiap jiwa memperoleh sebanyak 500 gram daging sapi beku. (tety)

Related posts

Mengisi Reses, Junaidi Auly Kembali Bagikan Sembako di Tujuh Kabupaten di Dapil II Lampung

Akhir Tanjung

Pigeon Luncurkan Botol Susu Bermotif Batik

Tety Polmasari

PKPU Terima Penghargaan dari Pemerintah Salinurfa Turki

Tety Polmasari

Leave a Comment