21.6 C
New York
18/09/2021
Aktual

Waspada Gelombang Tinggi di Jalur Mudik Laut pada 1-5 Juli 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut adanya peningkatan kecepatan angin timuran hingga 50 km/jam yang diprakirakan masih cukup persistent di beberapa wilayah perairan Indonesia bagian tengah dan timur.

Kondisi ini dapat memicu pertumbuhan gelombang tinggi yang akan berdampak pada proses arus mudik angkutan lebaran melalui jalur laut.

Sedangkan untuk selatan Jawa – NTB masih terpantau terjadi gelombang tinggi yang didominasi penjalaran swell (alun) yang dibangkitkan dari pusat tekanan tinggi subtropis di Samudera Hindia sebelah barat Australia.

“Potensi gelombang tinggi > 2.0 meter diprakirakan akan terjadi di perairan Indonesia selama puncak arus mudik 1-5 Juli 2016 terutama di beberapa wilayah,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Dr. Yunus S. Swarinoto, di Jakarta, Kamis (30/6).

Di antaranya, perairan utara dan barat Aceh, perairan barat Kep. Nias dan Mentawai, perairan Kep. Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa – NTB, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, dan Laut Sawu.

Selain itu, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Perairan selatan Kupang- P. Rote, Laut Flores, Laut Banda, Perairan selatan Ambon, Perairan Kep. Kai dan Aru, Perairan Kep. Babar dan Tanimbar, serta Laut Arafuru.

Sedangkan untuk penyeberangan utama seperti Merak – Bakaheuni dan Ketapang – Gilimanuk diprakirakan kondisi tinggi gelombang masih relatif aman selama arus mudik.

Dengan kondisi gelombang laut yang masih cukup tinggi di beberapa wilayah Indonesia, masyarakat dan kapal-kapal yang melintas dihimbau untuk tetap waspada dan siaga terutama wilayah Indonesia bagian timur yang akan melakukan aktivitas penyeberangan antarpulau. Dihimbau untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG. (tety)

Related posts

Sempat Oleng, Berkat Program PEN Usaha Debitur KUR Bank Mandiri Kembali Bangkit

Tety Polmasari

Butuh Inovasi Pemda dalam Menanggulangi Kemiskinan

Tety Polmasari

BSN – Unhas Lanjutkan Komitmen Pembinaan Standardisasi di Sulawesi Selatan

Tety Polmasari

Leave a Comment