Mudik Ramah Perempuan dan Anak: Menteri Yohana Blusukan ke Terminal Pulogadung dan Stasiun Senen

Senin, 4 Jul 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Lebaran tinggal hitungan hari. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) pada Hari Raya Idul Fitri 1437 H ini pun ingin memastikan ‘Mudik Ramah Perempuan dan Anak’.

Berkaca pada mudik tahun lalu, perempuan dan anak adalah pihak yang paling rentan mengalami banyak hal yang tidak diharapkan.

Karenanya, pada Senin (4/7) Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise blusukan Terminal Pulo Gadung dan Stasiun Senen untuk melihat secara dekat apakah para pemudik ini dilayani ramah, khususnya kepada para perempuan dan anak-anak. Menteri juga ingin mengetahui, apakah fasilitasnya sudah lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Sontak kedatangan Menteri Yohana ini disambut hangat para pemudik. Tak sedikit yang curhat. Kepada para pemudik, Yohana berpesan agar selalu persiapkan secara matang keperluan mereka selama dalam perjalanan mudik khususnya untuk bayi dan anak-anak.

Dalam kunjungannya ke Terminal Pulo Gadung, Menteri Yohana menilai kondisi bus sudah sangat baik. Pemudik juga dilayani dengan baik.

“Terutama pelayanan untuk ibu dan anak-anak yang mungkin memerlukan bantuan, baik saat sakit atau membutuhkan makanan sehat dan bergizi. Semuanya sudah disiapkan di terminal ini,” kata Menteri Yohana.

Namun, Yohana mencatat yang perlu dievaluasi dari terminal Pulo Gadung belum maksimalnya pelayanan untuk penyandang disabilitas yang membutuhkan kendaraan khusus dan fasilitas AC.

“Kalau dalam keadaan panas anaknya jadi bergerak cukup banyak. Jadi ke depan, penyandang disabilitas juga harus mendapat perhatian,” ujar menteri yang langsung menyapa para pemudik dan memberi bingkisan berupa makanan dan minuman.

Saat meninjau Stasiun Senen, Menteri Yohana sempat melihat-lihat dan menikmati salah satu gerbong kereta. Duduk sejenak di ruang VIP dan mengatakan kagum dengan fasilitas di ruang VIP yang tampak nyaman buat para pemudik.

Setelah mencoba duduk di ruang VIP, Menteri pun bergerak ke arah gerbong penumpang umum. Menteri Yohana pun menyapa para pemudik dan disambut hangat mereka, khususnya anak-anak. Tak lupa sembari menyapa pemudik dan menanyakan tujuan mereka pulang kampung, menteri memberikan bingkisan kepada anak-anak.

Kepada para pemudik, Yohana menghimbat agar tidak membawa anak-anak dengan kendaraan sepeda motor karena selain perjalanan yang meletihkan, juga berisiko besar terhadap kenyamanan anak.

Menurut Yohana, pelayanan di Stasiun Senen sangat bagus. Ketika memasuki customer service ia melihat masyarakat mendapatkan pelayanan yang cukup baik. Petugasnya juga ramah-ramah.

Dari kunjungannya ke ruang customer service ia mendapat begitu banyak pertanyaan terkait kuota kereta. dari pertanyaan tersebut terlihat masyarakat ingin ada penambahan kereta lagi. Ia pun akan koordinasi dengan Menteri BUMN untuk ditambah lagi.

“Ruang laktasi juga cukup bagus, sudah ada sofa dan kulkasnya. Tahun lalu saya ke sini belum ada. Saya apresiasi dengan Kepala Stasiun Senen dan jajarannya untuk pelayanan yang bagus ini. Bahkan tadi di ruang pemeriksaan kesehatan saya sempat cek tensi dan kondisinya bagus. Semuanya sudah lengkap di sini,” tambahnya.

Setelah puas melihat lebih dekat bagaimana fasilitas di stasiun Senen, Menteri Yohana memberi apresiasi kepada Kepala Stasiun Senen yang sudah memberikan kenyaman kepada masyarakat, termasuk kemudahan membeli tiket secara online.

“Hanya saja play ground atau tempat bermain untuk anak-anak belum ada. Semoga tahun depan pada kunjungan saya ke sini sudah tersedia agar anak-anak tidak bosan,” tambahnya. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015