Olimpiade Rio 2016

Eko Tambah Perak Buat Indonesia

Selasa, 9 Agu 2016

JAKARTA (Possore) — Eko Yuli Irawan menjadi salah satu atlet tersukses Indonesia di Olimpiade.  Perak yang disumbangkan Eko Yuli Irawan membuat Indonesia telah mengantongi dua perak.

Sebelumnya lifter putri Sri Wahyuni Agustiani pun telah merebut perak dari nomor 48 KG.

Dilansir CNNIndonesia, Tim Indonesia memperbaiki raihan dibandingkan empat tahun lalu ketika hanya merebut satu perak dan satu perunggu.

Atlet angkat besi itu tercatat sebagai atlet Indonesia pertama yang mendapatkan tiga medali dari tiga kali keikutsertaan di Olimpiade.

Eko Yuli meraih medali pertama pada Olimpiade Beijing 2008. Ia merebut perunggu dari nomor angkat besi 56KG dengan total angkatan 288 KG. Ia kemudian kembali mendapatkan perunggu di Olimpiade London 2012, kali ini dari nomor 62KG.

Catatan Eko Yuli ini bisa disamai rekannya sesama atlet angkat besi, Triyatno, yang telah mengoleksi dua medali. Triyatno mendapatkan perunggu dari nomor 62KG di Olimpiade 2008 dan perak di nomor 69KG pada Olimpiade London 2012.

Sebelum Eko Yuli dan Triyatno, ada dua Olimpian Indonesia yang meraih multi-medali yaitu atlet angkat besi putri Raema Lisa Rumbewas yang merebut perak baik di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004, serta Susy Susanti di cabang bulutangkis yang merebut emas di Barcelona 1992 dan perunggu pada Olimpiade Atlanta 1996.

Sementara itu, Hendra Setiawan berpeluang menjadi atlet Indonesia yang merebut dua emas. Ia pernah mendapatkannya dari nomor ganda putra bulutangkis berpasangan dengan Markis Kido, dan saat ini coba untuk mengulanginya lagi dengan Mohammad Ahsan.(fenty)