Dirut LPDB Kemas Danial: Olahraga Tenis Meja Cegah Kepikunan

Minggu, 28 Agu 2016

IMG-20160827-03101

JAKARTA (Pos Sore) – Turnamen Tenis Meja LPDB Cup 2016 yang diadakan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM, resmi ditutup pada Sabtu (27/8). Turnamen yang baru pertama kali diadakan itu, diselenggarakan dalam rangka HUT ke-10 lembaga itu. Melalui turnamen ini semakin memperkuat sinergi LPDB dengan para mitra, dan masyarakat.

Direktur Utama LPDB Kemenkop UKM Kemas Danial mengatakan turnamen tenis meja dipilih karena selain dirinya juga sangat menyukai olahraga bola pingpong, juga karena olahraga ini sangat mudah dimainkan dan murah meriah. Yang terpenting, olahraga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak.

“Permainan ini membutuhkan koordinasi tangan dengan mata, gerakan mata, menganalisa, dan pengambilan keputusan yang cepat. Maka, dilihat bahwa bermain tenis meja dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan motorik, juga merupakan olahraga yang cukup menyenangkan,” kata Kemas Dania.

Ia mengutip hasil penelitian para dokter itu, usai penutupan turnamen yang dihadiri Sekretaris Kemenkop UKM Agus Muharram, dan Bintang Puspayoga, yang juga Ketua Umum Pengprov Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali.

Selain menyehatkan badan, olahraga telah terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Olahraga juga dapat meningkatkan daya kerja otak sehingga dengan berolahraga kinerja otak kita dapat meningkat. Karena itu, kita harus berolahraga secara teratur sehingga tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Menyadari manfaat olahraga ini, pihaknya pun akan terus mengagendakan turnamen tenis meja dalam skala yang lebih luas lagi hingga ke level internasional. Nama evennya pun tak memakai ‘embel-embel’ LPDB Cup. Lembaganya akan bersinergi dengan banyak mitra agar menghasilkan banyak olahragawan handal di cabor ini, terlebih kecepatan tangan orang Indonesia diakui oleh dunia.

“Turnamen ini hanya sebagai pancingan untuk menghidupkan kembali olahraga tenis meja yang tengah kurang bersinar akibat adanya dualisme kepemimpinan organisasi di cabang olahraga ini. Dengan turnamen ini kita ingin tunjukkan bahwa stakeholder juga mampu menyelenggarakan turnamen tenis meja,” tuturnya.

Menurutnya, cabang olahraga tenis meja adalah cabor yang amat mudah dibina, dibandingkan olahraga lain. Karenanya, dia berharap melalui turnamen ini dapat menghasilkan petenis meja yang dapat mewakili Indonesia dalam pertandingan olahraga kelas dunia seperti Olimpiade, Asian Games, Seagames, dan banyak lagi.

Adapun para pemenang Turnamen Tenis Meja LPDB Cup 2016 adalah untuk kategori Beregu Mitra peringkat pertama diraih BPR SYK Jateng ‘A’, peringkat kedua diraih BPR SYK Jateng ‘B’, serta peringkat ketiga dimenangkan Tunas Sari Sultra dan BPR Lombok Tengah.

Untuk Beregu Stake Holder, peringkat pertama dimenangkan LPDB UMKM ‘A’, peringkat kedua diraih Bank BRI, serta peringkat ketiga diberikan kepada Bringin Life dan Bank Mandiri ‘A’.

Sedangkan untuk kategori Tunggal Umum, pringkat pertama diraih Lucky Purkani (K-18), peringkat kedua dimenangkan Arief (Hanenda APL), serta peringkat ketiga direbut Aufa (Hanenda APL) dan Herdian (Hanenda APL). (tety)