‘Gebyar UKM Indonesia 2016’ Lahirkan KUKM Tangguh

Kamis, 29 Sep 2016

JAKARTA (Pos Sore) — Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM semakin gencar mempromosikan dan memasarkan produk kreatif dari mitra UKM. Tentunya dikemas dengan berbagai macam program inovatif dan tepat guna bagi UKM.

Kegiatan ‘Gebyar UKM Indonesia 2016’ bertajuk ‘Membangun Kewirausahaan Lokal’ yang diadakan di Galeri Indonesia WOW SMESCO RumahKU, ini misalnya, adalah salah satu bentuk meningkatkan mutu atau kualitas UKM di Indonesia.

Melalui Gebyar UKM yang terbuka untuk siapa saja, LLP-KUKM mengajak produk-produk UKM lokal untuk melakukan pameran agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Menurut Direktur Utama LLP-KUKM Kemenkop UKM berpendapat peran UKM sebagai soko guru perekonomian nasional di saat krisis telah diakui oleh berbagai pihak di tanah air. UKM Kita butuh pendampingan terus menerus agar mereka bisa tetap eksis dan berkembang.

“Pemerintah sangat mendukung berbagai pihak yang mau terus menerus membantu UKM untuk terus berkembang. Tujuan dari kegiatan ini untuk melahirkan UKM Indonesia yang tangguh yang siap menghadapi kompetisi,” tandasnya, Kamis (29/9).

Acara ini juga sebagai tolok ukur bagi UKM mitra LLP-KUKM untuk mengembangkan promosi dan pemasarannya. Apalagi dalam pentas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan kian ketat. Artinya, UKM harus memiliki produk unggulan yang inovatif dan berdaya saing.

Dalam acara ini diisi dengan tiga agenda utama, yaitu seminar, kurasi produk, dan pameran. Karenanya, kegiatan ini dinilai Ahmad Zabadi, membuka peluang bagi para UKM untuk menunjukkan kualitas produknya melalui kurasi. Nanti kurasi dipilih oleh Staf Khusus Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Samuel Wattimena.

“Produk yang lulus tahap kurasi akan mendapatkan berbagai benefit. Salah satunya, adalah dapat berpromosi di Galeri Indonesia WOW. “Nah, ini menjadi kesempatan bagi UKM menunjukkan kualitas produk di hadapan masyarakat dan tim kurator,” tegasnya.

Zabadi menekankan, LLP-KUKM atau Smesco Indonesia berfungsi membantu meningkatkan kapasitas pemasaran KUKM sehingga akses pasar mereka tumbuh lebih besar, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Karena itu, Gebyar UKM Indonesia 2016 menjadi kegiatan strategis bagi LLP-KUKM untuk mendukung UKM agar memiliki pengalaman dalam mengembangkan produk unggulan yang bisa dipromosikan di tingkat nasional maupun internasional.

“Kegiatan Gebyar UKM Indonesia juga merupakan bekal dalam pentas MEA. Makanya, ini adalah tantangan bagi para pelaku UKM. Saya menyarankan agar UKM harus memiliki strategi pemasaran dan promosi. Misalnya, memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis agar bisa memasarkan produknya,” tandas Ahmad Zabadi.

Zabadi mengatakan, meski kegiatan ini baru pertama kali diadakan, pihak yakin dapat membantu para UKM dalam mempromosikan produk-produknya. Terlebih bisnis memiliki siklus naik dan turun.

“Karena itu, pelaku usaha harus terus menerus diberikan semangat, pelatihan dan dukungan lainnya agar mereka tetap eksis di kala bisnisnya turun dan berkembang pesat ketika bisnisnya sedang naik” tambahnya.

Melihat manfaat kegeiatan ini, LLP-KUKM dan MarkPlus menggelar acara serupa di 17 kota besar lainnya. Yaitu, Medan, Solo, Palembang, Balikpapan, Makassar, Pekanbaru, Surabaya, Bandung, Manado, Pontianak, Jogjakarta, Semarang, Banda Aceh, Padang, Banjarmasin, Jayapura, dan ditutup di Bali.

MarkPlus sebagai mitra kegiatan memilih kota-kota yang di daerah tersebut terdapat UKM yang potensial. Daerah tersebut memiliki sumberdaya alam dan manusia yang mendukung lahirnya pelaku usaha yang juara

Sementara itu, President Asia Council for Small Business Hermawan Kartajaya mengatakan, acara tersebut diperuntukkan bagi pelaku UKM agar bisa bertahan di era MEA.

“Banyak hal yang diperlukan oleh UKM seperti produk bagus, pelayanan baik, kualitas, dan kontinuitas yang terjaga,” jelas Hermawan.

Dia menambahkan, mentalitas dan manajemen yang baik juga sangat penting bagi UKM untuk tetap maju pada derasnya persaingan MEA. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015