11.7 C
New York
11/05/2021
Aktual Gaya Hidup

KOWANI Ajak Keluarga Indonesia Konsumsi Buah dan Sayur Tiap Hari

JAKARTA (Pos Sore) – Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) mengajak perempuan dan keluarga Indonesia untuk memegang semboyan ‘sehat ada|ah hartaku, yang harus kujaga dan kupelihara’.

Organisasi perempuan terbesar itu juga menyerukan kepada kaum ibu dan keluarga Indonesia agar ‘yang sehat tetap sehat, yang sehat tidak sakit’.

“Kowani menggunakan pendekatan keluarga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konsumsi buah dan sayur dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua Umum KOWANI, Dr. Giwo Rubianto Wiyogo, terkait Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang disampaikan dalam Forum Informasi Wartawan bertema ‘Konsumsi Buah dan Sayur’, di Jakarta, Kamis (6/10).

Giwo menekankan pentingnya mengonsumsi sayur dan buah dalam pola konsumsi sehari-hari. Hal ini mengacu pada salah satu faktor resiko perilaku penyebab terjadinya penyakit tidak menular yang harus diperbaiki.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) 2013, sebanyak 93,5% penduduk Indonesia usia di atas 10 tahun kurang konsumsi buah dan sayur. Atas data ini, pada 2014 terbit Peraturan Menteri Kesehatan No 41 Tentang Pedoman Gizi seimbang.

Pada Pedoman Gizi Seimbang tersebut dijelaskan pentingnya konsumsi sayur dalam buah sebagai sumber vitamin, mineral dan serat pangan.

Karenanya, masyarakat sudah seharusnya menyadari bahwa vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan memiliki peran yang sangat vital sebagai penangkal senyawa jahat dalam organ tubuh. Adapun buah-buahan, kandungan karbohidrat berupa fluktosa dan glukosa sangat berguna bagi tubuh.

“KOWANI menghimbau kaum ibu memiliki kesadaran terhadap penyediaan sayur dan buah yang cukup karena bermanfaat daiam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol jahat serta mampu mengendalikan tekanan darah,” tegasnya.

Selain itu, konsumsi sayur dan buah juga memiliki manfaat dalam menurunkan resiko sembelit dan kegemukan yang menyebabkan penyakit tidak menular.

“Kaum ibu di pedesaan dan di perkotaan sudah seharusnya mengontrol pola konsumsi keluarga. Ibu yang secara gender sangat dekat dengan ketersediaan pangan keluarga, mulai saat ini harus memahami dan memiliki kesadaran terhadap pola konsumsi ke|uarga dengan penyediaan buah dan sayur dalam menu makan sehari-hari,” ujarnya.

Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Keluarga Sehat, KOWANI mengajak kaum ibu dan keluarga Indonesia untuk mengubah cara pandang lama yang mementingkan ‘orientasi kenyang’ dalam poia konsumsi dengan mempertimbangkan pedoman gizi seimbang, dengan ketersediaan sayur dan buah dalam pangan keluarga.

Kowani juga mengajak kaum ibu dan keluarga Indonesia mulai menggalakkan kembali penanaman buah dan sayur di pekarangan keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga sebagai rekreasi keiuarga,

“Selain itu, membawa makanan dari rumah untuk dikonsumsi di kantor atau sekolah sehingga ke|uarga dapat mengontrol asupan sayur dan buah bagi anggota keluarganya,” tutupnya. (tety)

Related posts

Pemilu Usai, Sultan Yotama Imbau Bangsa Indonesia Tetap Jaga NKRI

hasyim husein

Putra Khadafi Minta Maaf pada Rakyat Libia

Tety Polmasari

Serang SBY, Kader Demokrat Marah Kepada Menteri ESDM

Tety Polmasari

Leave a Comment