15.3 C
New York
27/09/2021
Aktual

Obesitas Berdampak Buruk terhadap Tumbuh Kembang Anak

JAKARTA (Pos Sore) – Obesitas memberikan dampak buruk terhadap tumbuh kembang anak, terutama dalam aspek organik dan psikososial. Terlebih obesitas pada anak berisiko tinggi menjadi obesitas pada masa dewasa dan berpotensi mengalami berbagai penyebab penyakit dan kematian.

“Penderita obesitas kemungkinan besar menderita peningkatan tekanan darah, sumbatan jalan napas saat tidur, dan sintom metabolik,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan, dr Lily S Sulistyowati MM, pada Press Briefing Hari Obesitas Sedunia bertema ‘Calling for Urgent Government Action To End Childhood Obesity’, di Jakarta, Senin (31/10).

Menurutnya, obesitas dan kelebihan berat badan pada anak disebabkan oleh beberapa faktor. Umumnya diakibatkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat. Sebut saja jumlah asupan energi yang berlebih, kebiasaan menginsumsi jenis makanan dengan kepadatan energi yang tinggi, jadwal makan tidak teratur, dan suka ngemil.

“Selain itu, kurangnya aktivitas fisik juga meningkatkan risiko obesitas. Kemajuan teknologi serta tersedianya berbagai fasilitas yang memberikan berbagai kemudahan menyebabkan menurunkan aktivitas fisik sebagian besar masyarakat,” ujarnya.

Untuk mencegah obesitas pada anak, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Yaitu, tidak makan sambil menonton televisi, batasi penggunaan gadget, peerbanyak aktivitas di luar ruangan, biasakan makan dengan keluarga, biasakan sarapan sehat, dan membiasakan membawa bekal makanan sehat dan air putih dari rumah.

“Juga membatasi konsumsi makanan siap saji dan pangan olahan, jajanan, dan makanan selingan manis, asin, dan berlemak. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah. Tidak merokok dan minum minuman beralkohol, serta hindari konsumsi minuman ringan dan bersoda,” tandasnya. (tety)

Related posts

LPDB Komitmen Bantu Pengembangan Bisnis Pelaku KUMKM Banten

Tety Polmasari

Gerakan Kewirausahaan Nasional 2015: Agar UKM Naik Kelas

Tety Polmasari

Choel Jadi Tersangka, Ibas Bakal Terjerat

Tety Polmasari

Leave a Comment