Pidie Jaya, Aceh Dilanda Bencana Gempabumi, Lippo Group Donasikan Bantuan

2016-12-08_21-00-18

JAKARTA (Pos Sore) — Gempa berkekuatan 6,4 SR yang terjadi Rabu (7/12) di Pidie Jaya-Aceh menelan korban jiwa 99 orang, 536 luka-luka, 2.154 orang mengungsi, dan 280 orang dirawat di rumah sakit.

Bantuan masyarakat untuk korban bencana gempabumi di Pidie Jaya- Aceh terus mengalir. Termasuk bantuan yang didonasikan Lippo Grup (LG) yang diserahkan langsung oleh pemilik LG Mochtar Riady, di Markas Pusat Palang Merah Indonesia (PMI), Kamis (8/12).

“Alhamdulillah bantuan dari masyarakat terus mengalir ke PMI. Dan kami telah menyalurkan ke lokasi,” ungkap Ketua Harian PMI Pusat Ginanjar Kartasasmita, saat menerima bantuan tersebut.

PMI mengakui Kabupaten Pidie Jaya sudah memobilisasi personil ke lokasi untuk melakukan assesment dan evakuasi. Sedangkan PMI Provinsi Aceh memobilisasi personil beserta armada ke lokasi.

Ginanjar mengatakan, bantuan yang diberikan LG berupa uang tunai Rp 250 juta dan 4000 paket sembako, akan diserahkan langsung kepada para korban.

Bantuan yang diberikan Lippo Group dinilai tepat waktu dan sangat bermanfaat. Selain uang, Lippo Group juga mengirimkan paket paket non-uang yang telah dikirimkan ke Pidie Jaya.

Menurut Ginanjar, bantuan masyarakat yang disalurkan melalui PMI nilainya sangat beragam. Ada yang berupa dana senilai Rp2000, Rp5000 dan seterusnya. Ada juga berupa makanan dan barang-barang.

“PMI sebagai organisasi non profit dan non bisnis, tujuannya hanya mengelola bantuan masyarakat. PMI tidak berbisnis dan justru menghindari bisnis. Itu sebabnya, masyarakat yang ingin membantu para korban meski hanya Rp 10 ribu pun akan PMI terima dan disalurkan,” terang Ginanjar.

Namun, masyarakat dihimbau untuk tidak memberi bantuan dalam bentuk pakaian bekas dengan alasan sulit diaudit. “Semua bantuan yang disalurkan melalui PMI harus transparan dan dilaporkan ke publik,” tandas Ginanjar.

Sementara itu, Mochtar Riady mengungkapkan, bantuan ini sebagai bentuk empati kepada masyarakat Pidie Jaya yang terkena bencana. Bos LG ini bahkan memerintahkan agar anak grupnya meningkatkan jumlah bantuan kepada korban bencana.

“Terima kasih kepada PMI yang telah memberikan kami kesempatan untuk berpartisipasi dan kami ingin selalu dilibatkan oleh PMI dalam aksi kemanusiaan di seluruh Indonesia,” katanya.

“‎Saya ingin menanamkan kepada seluruh karyawan tentang arti tanggung jawab dan ikut berdukacita kalau ada bencana. Ke depan, partisipasi Lippo untuk penanganan bencana perlu ditingkatkan,” tambahnya. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!