11.7 C
New York
11/05/2021
Aktual

Jangan Abaikan Rinosinusitis pada Anak

JAKARTA (Pos Sore) – Pasti pernah mendengar istilah sinusitis. Ini adalah radang pada sedikitnya satu rongga sinus karena terdapat lendir atau ingus. Rongga sinus sendiri terdapat di samping kiri dan kanan hidung, belakang tulang pipi, belakang mata, hingga belakang dahi.

Bagaimana dengan Rinosinusitis, pernah dengar? Ini adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat menimpa siapa saja, termasuk anak-anak. Penyebabnya, dapat dibedakan menjadi alergi dan nonalergi.

Dokter spesialis anak, Isabella Riandani, Sp. A. dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading menjelaskan, penyebab rinosinusitis beragam seperti asap rokok, polusi, tungau debu rumah, bulu hewan, juga infeksi virus dan bakteri.

Ia menjelaskan, anak yang mengidap rinosinusitis biasanya akan menunjukan gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat atau berair, berkurangnya sensitifitas indera penciuman, bahkan bisa demam.

dr-isabella-riandani-sp-a

“Selain itu sakit kepala, nyeri pada wajah mulut bau, sehingga dapat mengganggu kehidupan sosial dan prestasi di sekolahnya,” paparnya dalam acara SOHO #BetterU bertajuk ‘Kupas Tuntas Rinosinusitis Pada Anak’, yang diadakan SOHO Global Health, di Jakarta, Senin (19/12).

Menurutnya, penanganan untuk anak yang mengidap rinosinustis bisa beragam disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan penyakit yang diderita.

“Penanganan untuk anak yang menderita rinosinusitis sebenarnya selain menggunakan obat-obatan juga bisa dibantu dengan rajin membersihkan rongga hidungnya,” ujarnya.

Rinosinusitis juga sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara seperti menghindari asap rokok atau polusi, menghindari alergen sebisa mungkin, memberikan ASI eksklusif dan imunisasi lengkap, serta membersihkan saluran hidung sang anak untuk membantu menjaga agar hidung bebas dari penyebab iritasi.

dr-yulita-lea-marketing-director-soho-global-health

Pentingnya menjaga kebersihan hidung demi kesehatan tubuh ternyata masih sering diabaikan. Atau masih banyak orang yang belum memahami cara membersihkan hidung yang tepat. Karena itu, SOHO Global Health memproduksi Aqua Maris.

“Aqua Maris adalah produk yang mengandung zat mineral dari air laut Adriatik yang merupakan air laut terbersih di dunia,” jelas dr. Yulita Lea, Marketing Director SOHO Global Health dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, air Laut Adriatik memiliki beberapa keunikan. Salah satunya, berlimpah dalam garam dan oligoelements yang berefek positif untuk menjaga vitalitas dan keseimbangan mukosa jaringan terutama saluran pernafasan. (tety)

Related posts

Energizer Kembali Gelar Kompetisi Robot ‘Indo Robo Masters Cup 2014’

Tety Polmasari

UMP Pemicu Turunnya Daya Saing Perusahaan

Tety Polmasari

Nevi Salurkan Bantuan 15 Ton Beras, Sembako dan Borong Produk UMKM Warga

Akhir Tanjung

Leave a Comment