17.5 C
New York
13/05/2021
Aktual

Ditanya Soal Pengembalian Uang Negara, Irjen Kemnaker Bungkam

AKARTA (Pos Sore) — Inspektur Jenderal Kemnaker, Sunarno, bungkam dan menolak memberi penjelasan terkait pengembalian anggaran negara sekitar Rp500 juta yang diduga disalahgunakan oleh mantan Kepala Pusat Humas Kemenakertrans, Suhartono, pada 2013/2014.

Dicegat wartawan saat keluar dari gedung Kemnaker, Kamis (22/12) sore, Sunarno terkesan bergegas untuk mengelak wartawan dan enggan berkomentar ketika ditanya apakah kasus dugaan penyalahgunaan anggaran Kemnaker itu akan dilanjutkan ke instansi penegak hukum (KPK, Kejaksaan, Polri) atau tidak.

Meskipun kecewa, beberapa wartawan masih berupaya mendapatkan konfirmasi Irjen Sunarno dan berharap memperoleh keterangan, karena pihak Itjen Kemnaker telah memeriksa Suhartono yang berjanji akan mengembalikan sisa dana yang disalahgunakan sebesar Rp500 juta pada akhir 2016.

tono

Sikap Sunarno yang ‘diam seribu bahasa’ tersebut tidak seperti biasanya, karena setiap ditanya wartawan dia tidak pelit memberi penjelasan. Termasuk dugaan penyalahgunaan anggaran sebesar Rp1,2 miliar yang ditemukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sambil menuju ke mobilnya, Irjen yang dicecar sejumlah pertanyaan tetap tutup mulut.

Sebelumnya, Irjen Kemnaker Sunarno membenarkan adanya temuan BPK tentang penyalahgunaan anggaran Pusat Humas Kemnaker sebesar Rp1,2 miliar pada tahun 2013/2014.

Dari jumlah tersebut, Rp700 juta di antaranya telah dikembalikan oleh Suhartono, Kepala Pusat Humas Kemnaker saat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dipimpin oleh Muhaimin Iskandar.

“Baru ada pengembalian sebesar 700 juta rupiah dari Suhartono. Kepala Pusat Humas Kemnakertrans ketika itu sudah kami periksa bersama bendaharanya yang berinisial M,“ terang Sunarno ketika ditemui wartawan waktu itu.

Sunarno menambahkan bahwa Suhartono menyanggupi untuk mengembalikan sisanya sebesar Rp500 juta. Belum jelas kapan dia akan mengembalikan dana tersebut ke kas negara, tapi Sunarno berharap uang negara itu dikembalikan paling lambat akhir 2016.

Selepas dari jabatan Kepala Pusat Humas Kemnakertrans, Suhartono kini menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemnaker. (hasyim)

Related posts

LLP KUKM Targetkan 500 UKM Naik Kelas

Tety Polmasari

BPPT Kembangkan Sagu Pemkab Lingga Menjadi Beras

Tety Polmasari

3 Vandroid Baru Perkuat Advan

Tety Polmasari

Leave a Comment