BATAN – INUKI Sepakat Mengomersialkan Teknologi Nuklir

Jumat, 17 Feb 2017

MoU-3

JAKARTA (Pos Sore) — Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan PT. INUKI (Persero) sepakat menjalin kerja sama dalam pemanfaatan komersialisasi teknologi nuklir.

Kesepakatan itu diwujudkan dengan penandatanganan Piagam Kerja Sama antara BATAN dan PT. INUKI (Persero), di Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG)-BATAN, Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (17/2), yang ditandatangani Kepala BATAN, Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto dan Direktur Utama PT. INUKI Bambang Herutomo.

“Perjanjian kerja sama ini merupakan perpanjangan dari kerja sama antara BATAN dengan PT. Batek yang sekarang berubah nama menjadi PT. INUKI. Pada prinsipnya BATAN siap bekerja sama dengan PT. INUKI (Persero) di segala bidang yang penting tidak melanggar aturan yang ada,” kata Djarot.

Djarot berharap, PT INUKI tetap menjadi pemasok Elemen Bakar Nuklir yang handal dan kelak kalau Elemen Bakar Nuklir Reaktor Triga Bandung di konversi, maka PT INUKI menjadi pemasoknya di samping produksi radio isotop.

Bambang Herutomo mengatakan, PT INUKI dibangun untuk mengkomersilkan produk BATAN di bidang Radioisotop, Instrumentasi Nuklir, Elemen Bakar Nuklir, Jasa Teknologi Nuklir dan implementasi teknik nuklir di berbagai bidang. Untuk itu, kerja sama antara BATAN dan PT. INUKI sangat diharapkan.

Dalam kesempatan itu, dilakukan pula penandatangan kerja sama antara Kepala PRSG-BATAN dengan Direktur PT.INUKI (Persero) tentang pelayanan iradiasi target dan Kepala PAIR-BATAN dengan Direktur PT.INUKI (Persero) tentang pemanfaatan aplikasi isotop dan radiasi serta antara PT. INUKI (Persero) dengan PT. MOTAB Technologi tentang kegiatan usaha/bisnis berbasis teknologi nuklir di bidang medik dan non medik. (tety)