FKPPI Berharap Ahok-Djarot Jadi Garda Terdepan Pertahankan Pancasila

Sabtu, 11 Mar 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri Indonesia (FKPPI) menggelar acara orasi kebangsaan bertajuk ‘Mengaktualisasikan Pancasila Sebagai Sistem Nilai Bersama di Ibu Kota Negara Yang Bermasyarakat Majemuk’, di Jakarta Convesntion Center (JCC), Sabtu (11/3).

Orasi kebangsaan itu menghadirkan pembicara calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, yang berbicara soal pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila.

atakan, semua masyarakat mempunyai tanggung jawab yang sama terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pendiri bangsa ini bahwa Indonesia itu adalah negara Pancasila.

“Jadi kita wajib untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila itu di dalam kehidupan masyarakat yang heterogen, yang plural,” kata Djarot.

Menurutnya, Pancasila itu tidak bisa dilepaskan dari akar sejarah bangsa Indonesia yang berbhinneka tunggal ika. Bangsa Indonesia yang terdiri lebih dari 16.000 pulau besar dan kecil, ratusan suku bangsa, beragam agama, beragam kultur semua disatukan oleh Pancasila sebagai ideologi negara.

Djarot memaparkan, Pancasila tidak bisa dilepaskan dari akar sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Pancasila telah menjadi pemersatu bagi beragam suku bangsa dan agama yang ada di Indonesia.

Ia pun mengajak seluruh anggota FKPPI untuk berada di garda paling depan dalam mengaktualisasikan Pancasila. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga keutuhan rumah besar Indonesia.

“Kita wajib untuk menjaga rumah besar ini. Menjaga NKRI. Wajib membangun Bhinneka demi sebagai satu jembatan emas untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur,” tandasnya.

Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo dalam sambutannya berharap Djarot Syaiful Hidayat bersama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk menjadi pejabat publik yang menjunjung tinggi Pancasila.

“Dalam mengukur kapabilitas pejabat publik harusnya diukur menggunakan parameter ideologi bangsa yaitu Pancasila untuk menjamin kebijakan publiknya nanti berasaskan Pancasila,” ujarnya.

Dikatakan, FKPPI menghadirkan Djarot Syaiful Hidayat sebagai kader sekaligus pejabat publik berpengalaman yang diharapkan menjadi garda terdepan yang mempertahankan Pancasila. (tety)