11.7 C
New York
11/05/2021
Aktual Kesra

Konvensi ILO No.188/2007 Bakal Ditandatangani

JAKARTA (Pos Sore) — Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan perlindungan tenaga kerja di sektor perikanan laut.Untuk itu pemerintah mempertimbangkan untuk meratifikasi Konvensi ILO No.188/2007 tentang Pekerjaan dalam Penangkapan Ikan.

Perlindungan bagi pelaut perikanan/nelayan harus terwujud dan terjamin, dan Kemnaker siap mendukung proses tersebut terutama di sisi penguatan regulasi internasional maupun dalam negeri.

Menurut Menaker Hanif Dakhiri, penguatan regulasi terkait ketenagakerjaan di sektor terkait berdampak positif terhadap kondisi tenaga kerja.

Dengan demikian, kata Hanif,masa depan industri perikanan akan menjadi lebih baik, kompetitif, dan terutama kesejahteraan pekerja menjadi lebih baik.

Kementerian Ketenagakerjaan bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan melakukan harmonisasi regulasi guna memperjelas tugas dan fungsi masing-masing kementerian.

Menaker mengatakan tantangan yang dihadapi di industri perikanan dan keluatan yaitu masih ditemukannya praktek ketenagakerjaan yang belum sesuai dengan regulasi juga norma Hak Asasi Manusia. Hal itu, katanya lagi, disebabkan oleh masih informalnya status pekerja Anak Buah Kapal (ABK).

Ditemui di tempat yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengatakan pemerintah tidak akan membiarkan industri mendapatkan keuntungan yang besar dengan melakukan perbudakan di waktu yang sama. Tenaga kerja harus mendapatkan perlakuan yang pantas. (hasyim)

Related posts

Soal Impor Pangan, Fahri: Beras Juga Stabilisator Politik Kekuasaan

Tety Polmasari

Rajin Bersih Mulut Saat Sahur dan Berbuka, Cegah Sariawan

Tety Polmasari

Penjambret Diamankan Polisi

Tety Polmasari

Leave a Comment