Jenderal Moeldoko Resmi Sebagai Ketua Umum HKTI

Senin, 10 Apr 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) periode 2017-2020 dalam kegiatan Rapimnas HKTI 2017 bertema ‘HKTI Bangkit, Petani Maju’.

Dalam Rapimnas kali ini memang membahas agenda cukup penting, yaitu pergantian Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) HKTI, Mahyudin, yang mengajukan pengunduran diri. Kesibukannya sebagai wakil ketua MPR menjadi alasan mengapa ia harus mengundurkan diri.

Sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HKTI, maka Rapimnas HKTI dapat menerima dan mengangkat seorang Wakil Ketua Umum untuk menjadi Ketua Umum DPN HKTI.

Proses serah terima jabatan Ketum HKTI dari Mahyudin ke Moeldoko disaksikan Menteri Pertanian dan Menteri Hukum HAM Yasonna Laoly yang mewakili Presiden Joko Widodo, di Balai Kartini, Senin (10/4).

“Kehadiran Menteri Pertanian memberikan semangat kepada petani,” kata Moeldoko, usai rapimnas yang dihadiri para pengurus dari 34 provinsi di Indonesia dan 5.000 petani.

Moeldoko menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla karena punya kepedulian luar biasa kepada petani.

“Selama ini pemerintah telah memberikan bantuan luar biasa kepada petani. Di antaranya presiden telah membangun berbagai infrastruktur, waduk, irigasi. Presiden juga memberikan subsidi sarana prasarana pertanian,” jelasnya.

Ia menyakinkan kehadiran HKTI dapat memberikan harapan baru kepada rakyat Indonesia bagaimana mewujudkan kesejahteraan, dan harapan pemerintah mewujudkan kedaulatan pangan dalam rangka ketahanan pangan. (tety)