10.8 C
New York
12/05/2021
Aktual

Bisa Saja Diangkat Jadi Menteri

JAKARTA – Pasangan calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Uno memenangkan pertarungan dalam Pilkada (pemilihan kepala daerah) yang berjalan aman dan lancar di ibu kota, Rabu (19/4). Hampir pasti, paslon ini akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta yang baru Oktober mendatang. Demikian kesimpulan yang dapat dipetik dari perkembangan pemberitaan seputar Pilkada DKI Jakarta hingga Rabu malam.

Hampir semua lembaga survey yang melakukan hitung cepat (quick count) menyebutkan perolehan angka pasangan Anies– Sandi dengan Ahok – Djarot terpaut cukup jauh. Rata rata lembaga memberi angka seputar 57 persen untuk Anies – Sandi dan 43 persen untuk Ahok – Djarot. Tak kurang dari Ketua Umum Partai Nasdem sendiri (partai utama pengusung pasangan Ahok – Djarot) Surya Paloh sudah menyampaikan ucapan selamatnya kepada Anies – Sandi.

Belum muncul analisis mengenai kekalahan Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama, faktor faktor apa saja penyebab kekalahan ini. Juga, belum ada analisis maupun pernyataan kemana Ahok setelah nanti tidak lagi menjadi gubernur. Apakah Ahok akan kembali berkiprah sebagai pengusaha, atau kembali menjadi aktivis gereja, atau apakah Ahok akan aktif di partai politik. Yang tak kalah menariknya adalah kemungkinan, bahwa Ahok bisa saja diangkat Presiden Joko Widodo menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja pimpinannya. Karena toh, penunjukan dan pengangkatan seorang menteri mutlak menjadi hak prerogative presiden.

Analisis dari para pakar atau pengamat memang belum terlihat muncul. Namun tidak bagi sejumlah anak kalangan biasa, katakanlah para remaja yang disaksikan saat menumpang commuter line (KRL) jurusan Bogor – Jakarta Kota, Rabu sore.

Saat naik dari Stasiun Bojong, dan bergabung di salah satu gerbong KRL yang melaju menuju stasiun transit Manggarai itu, TIBYAN sempat mendengarkan celotehan lima anak remaja yang mengomentari berita di salah satu media online .‘’Wah…. Ahok kalah….kalah….hehehe,’’ kata salah seorang dari mereka, remaja berkerudung kecoklatan.
Teman temannya kemudian ikut mengerubungi si remaja tersebut, membaca berita dari telepon genggam. ‘’Itu kan belum final,’’ ulas salah seorang rekannya. ‘’Ya…tapi angkanya sudah mendekati,’’ balas si kerudung coklat.

Pembicaraan mereka pun berkisar seputar ke mana Ahok kalau nanti tidak lagi menjadi gubernur. ‘’Bisa saja dia jadi menteri,’’ kata salah seorang rekannya, remaja wanita yang tidak mengenakan kerudung. Dia pun lalu melandasi pendapatnya, ‘’Kan kinerja Ahok itu kata orang orang bagus.’’

Rekan yang lain ada yang mengatakan, Ahok akan diajak Megawati (Ketum PDIP) mengurus partainya, sementara yang lain menyatakan Ahok akan masuk partai Nasdem. Tapi ada juga yang dengan nada agak sinis berujar, ‘’Ya tinggal tunggu nasib, bagaimana hasil pengadilan (Ahok kini berstatus terdakwa penista Alquran) nanti.’’ (lya)

Related posts

Buruh Dilatih Ketrampilan Bernegosiasi Dalam Hubungan Industrial

Tety Polmasari

The Latest Steel Reports Reviews From China

Tety Polmasari

Jokowi Ditantang Berani Minta Konglomerat KembalikanTanah Negara

Ramli Amin

Leave a Comment