Masyarakat Berjiwa Wirausaha, KUMKM Brebes Berkembang

Selasa, 2 Mei 2017
Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharram didampingi Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, dan Deputi Bidang Retrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM Yuana Sutyowati, menyaksikan penandatanganan MoU terkait pemasaran produk antara PT Transmart Indonesia dengan pelaku UKM di Brebes, pada acara Forum Koordinasi dan Sosialisasi Program Strategis Bidang Restrukturisasi Usaha KUMKM di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (2/5).

BREBES (Pos Sore) — Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno menilai masyarakat Brebes memiliki ciri khas wirausaha sukses. Masyarakat di sini egaliter, pekerjaan keras, dan pantang menyerah.

Ciri khas inilah yang membuat pengembangan KUMKM di wilayah yang dipimpin Bupati Idza Priyanti, ini tidak pernah sia-sia.

“Oleh karena itu, saya terus mendorong agar masyarakat di Dapil saya, Tegal dan Brebes, agar menjadi wirausaha karena peluang dan potensinya sangat besar,” kata Teguh dalam acara Forum Koordinasi dan Sosialisasi Program Strategis Bidang Restrukturisasi Usaha KUMKM, yang dibuka Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram, di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (2/5).

Salah satu agar bisa berkembang yakni dengan memanfaatkan akses pembiayaan dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan beban bunga rendah sebesar 9%. Begitu pula kemudahan ekspor yang digulirkan Kementerian Perdagangan.

“Momentum ini harus dimanfaatkan untuk dijadikan peluang, kalau tidak peluang ini akan diambil oleh orang lain,” tegasnya.

Meski ada kemudahan, Teguh menyadari adanya dampak bagi UMKM atas tersambungnya Jakarta-Semarang melalui jalan tol. Sudah banyak UKM yang mengeluh menurunnya orang yang melintasi jalur Pantura.

“Makanya, saya sudah meminta pemerintah pusat atau operator jalan tol agar membuka rest area khusus bagi UKM yang terkena dampak itu sehingga para pedagang bawang, telor asin, restoran, kerajinan, dan sebagainya, masih bisa berdagang,” ujarnya.

Ia pun menyemangati para pengusaha kecil menengah untuk mengakses peluang-peluang tersebut. Dirinya berkomitmen utk mengembangkan pelaku usaha kecil di wilayah Brebes.

Sementara itu, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti mengatakan, memang dibutuhkan sinergi untuk lebih mendorong peluang usaha dan pemerataan ekonomi di masyarakat agar lebih sejahtera. Ini cara meningkatkan perekonomian secara secara bergotong royong. 

Kabupaten Brebes sendiri menjadi salah satu peraih prestasi penghargaan sebagai Kabupaten Penggerak Koperasi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI tahun 2015.

Pada tahun berikutnya, Bupati Brebes Idza Priyanti kembali menerima penghargaan Bhakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Presiden Joko Widodo yang diserahkan pada peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-69 tingkat nasional. (tety)