Indonesia – Australia Bahas Kerjasama IA-CEPA

Kamis, 21 Sep 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menerima Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia, Steven Ciobo membahas perundingan kerja sama ekonomi (IA-CEPA / Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement).

Pertemuan menteri kedua negara, Rabu (20/9), tersebut adalah untuk menindaklanjuti arahan dan kesepatakan presiden Jokowi dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull tentang perundingan kerjasama ekonomi pada akhir tahun ini.

Di bidang ketenagakerjaan ada dua hal yang dibahas antara Indonesia dan Australia yaitu soal pendidikan dan pelatihan vokasi serta pertukaran pekerja profesional.

Berkaitan dengan itu Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) sudah bekerjasama dengan lembaga pelatihan dan Balai Latihan Kerja (BLK) di Australia. Saat ini pihak asing sudah dibolehkan untuk berinvestasi dalam pelatihan kerja dan membangun BLK sehingga diperbolehkan untuk mengelola pengoperasikan BLK di Indonesia.

Tentang pertukaran pekerja profesional, Hanif menjelaskan ada beberapa bidang yang tenaga terampil asal Indonesia telah diminta oleh Australia untuk dipertukarkan. Salah satu yang diminati adalah adalah tenaga bidang teknologi informasi. Tetapi pemerintah Indonesia masih perlu berdiskusi dengan asosiasi profesi terlebih dahulu. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015