Bocah WN Korea Diculik Ditemukan, 2 Pelaku Diamankan

Kamis, 2 Nov 2017
istimewa

JAKARTA (Pos Sore) – Bocah warga negara (WN) Korea Selatan yang dilaporkan diculik ditemukan Tim Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di apartemen kawasan Jakarta Selatan, kemarin.

“Korban sudah kami temukan dalam keadaan sehat dan dua pelaku juga sudah ditangkap di dua tempat berbeda,” ucap Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan kepada wartawan, Kamis (2/11).

Hendy mengatakan, kedua pelaku penculikan anak warga Korea Selatan berinsial KH sempat meminta tebusan senilai 150 juta won atau setara Rp1,8 miliar kepada orangtua korban.

“Kedua pelaku, Baik Jongwon dan Sea Songwon ini sempat meminta tebusan 1,8 miliar kepada orangtua KH,” ungkapnya. Mereka ditangkap di dua tempat berbeda.

Tersangka, Baik Jongwon ditangkap di salah satu hotel di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, sedangkan Sae Song Wong ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menurutnya, Baik Jongwon melalui istrinya di Korea Selatan, menemui langsung orangtua korban KH, untuk mentransfer uang.

Orangtua korban pun mentransfer sebanyak dua kali. Pertama tanggal 25 Oktober 2017, orangtua korban transfer sebanyak Rp50 juta won dan kedua tanggal 31 Oktober sebanyak Rp100 juta won.

“Jadi total dirupiahkan senilai 1,8 miliar. Untuk cerita bagaimana sehingga bisa mentransfer, tentunya pihak Kepolisian Korea Selatan yang melakukan investigasi penculikan tersebut. Kami hanya melalukan bantuan penangkapan terhadap pelaku dan menyelamatkan korban,” cetusnya.

Pengakuan, korban KH mengatakan tidak merasa jadi korban penculikan. Korban KH diajak liburan oleh anak-anak pelaku Baik Jongwon. “Sedangkan, handphone korban disimpan oleh Sea Songwon sehingga orangtua tidak bisa komunikasi,” tandasnya.

Seperti diketahui, kasus penculikan anak di bawah umur ini berawal dari laporan utusan Kedutaan Besar Korsel ke Polda Metro Jaya. KH, anak yang masih berusia 10 tahun diduga diculik para pelaku dari negara asal dan diterbangkan ke Jakarta, Indonesia. (marolop)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015