PHI ke-89, Presiden dan 5 Menteri Perempuan Bacakan Puisi ‘Pesan Ibu Bangsa’

Sabtu, 23 Des 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Presiden Joko Widodo mengemukakan, Peringatan Hari Ibu Nasional berarti juga memperingati Hari Mama-Mama Papua, karena Mama-Mama Papua juga perempuan Indonesia, karena Papua juga Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Puncak Peringatan Hari Ibu Nasional, yang diselenggarakan di Pantai Waisai Torang Cinta Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat ‘Hari Ibu Nasional yang ke-89 Tahun 2017’ yang mengambil tema ‘Perempuan Berdaya Indonesia Jaya’.

Dengan perayaan ini, Presiden berharap peran perempuan Indonesia dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia semakin meningkat.

“Perayaan penting bagi perempuan Indonesia, bagi negara, dan bangsa karena perempuan Indonesia turut bekerja dalam kemerdekaan Indonesia. Perempuan Indonesia harus semakin berdaya,” kata Presiden.

Presiden berharap perempuan Indonesia dapat mengemban tuas dengan baik dalam mendidik dan membimbing anak-anak bangsa menjadi generasi hebat Indonesia di masa mendatang. “Jadilah Ibu Bangsa Wahai Perempuan Indonesia,” ucap Presiden.

Menteri-Menteri Perempuan
Dalam acara yang dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, itu Presiden Jokowi mengemukakan, Kabinet Kerja telah memberikan porsi besar kepada perempuan dengan menempatkan sembilan menteri wanita, sehingga menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara di dunia dengan menteri perempuan terbanyak.

Presiden juga menyebutkan keberhasilan di bidang pembangunan manusia dan budaya yang dipimpin Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, serta keberhasilan di bidang diplomasi karena menteri luar negerinya perempuan yaitu Retno Marsudi.

“Lalu di bidang keuangan Sri Mulyani, di bidang kelautan dan perikanan menterinya seram ini, yaitu Ibu Susi Pudjiastuti,” kata Presiden.

Sedangkan menteri yang berhasil menekan, mengurangi kebakaran hutan di Indonesia Siti Nurbaya Bakar, di bidang BUMN menterinya Rini Soemarno, bidang Kesehatan juga ada Ibu Nila F Moeloek, lalu di bidang sosial ada Ibu Khofifah Indar Parawansa.

“Lalu ada menteri PP dan PA dari Papua yaitu Mama Yo, Prof. Yohana Yembise dari Papua,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Puisi ‘Pesan Ibu Bangsa’
Ada yang berbeda dalam Peringatan Hari Ibu ke-89 ini. Presiden mengajak lima menteri perempuan dalam kabinet kerjanya yang hadir untuk bersama-sama membaca puisi yang diciptakan khusus untuk para perempuan dan ibu di seluruh Tanah Air.

Puisi berjudul ‘Pesan Ibu Bangsa’ tersebut dibacakan secara bergantian oleh para menteri. Dimulai dari Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, disambung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, lalu Menteri Kesehatan Nila Moeloek, hingga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia Yohana Yembise.

Sedangkan bait yang seharusnya dibacakan oleh empat menteri lainnya yang berhalangan hadir, Presiden secara khusus mengundang Mama-Mama Papua untuk menggantikan peran para menteri tersebut membacakan puisi:

Pesan Ibu Bangsa

Jadilah ibu yang berkarakter, halus budi pekerti dan selalu mengajarkan tradisi luhur budaya bangsa untuk menumbuhkan generasi bangsa yang hebat, demi Indonesia tercinta. Dibacakan Puan Maharani.

Jadilah ibu yang menjaga, merawat kesehatan anaknya, menjadikan bangsa Indonesia yang kuat dan kokoh. Dibacakan Nila Moeloek.

Ibu, terus tebarkanlah benih-benih demokrasi, kemajemukan, toleransi dan perdamaian untuk satu Indonesia, satu dunia yang damai dan sejahtera. Dibacakan Retno Marsudi.

Jadilah ibu yang memelihara, menata dan mengajarkan menciptakan lingkungan yang nyaman, demi kelestarian dan untuk kesejahteraan bangsa. Dibacakan Siti Nurbaya.

Jadilah ibu yang melindungi, menyelamatkan, memberdayakan perempuan Indonesia, dan melindungi generasi masa depan penerus bangsa Indonesia. Dibacakan Yohana Yembise.

Jadilah ibu yang jujur dan cermat dalam berhitung, cerdas mengelola, anti korupsi, demi kemakmuran bangsa. Dibacakan oleh Mama Papua menggantikan Sri Mulyani.

Jadilah ibu yang peka dan berempati, selalu mengulurkan tangan untuk memberi pertolongan demi kesejahteraan bangsa. Dibacakan oleh Mama Papua menggantikan Khofifah Indar Parawansa.

Jadilah ibu yang tegas, berani menegur bila ada yang salah, jika perlu tenggelamkan! Demi keutuhan bangsa. Dibacakan oleh Mama Papua menggantikan Susi Pudjiastuti.

Jadilah ibu yang tidak segan bekerja, menggali potensi diri, membantu peningkatan pendapatan, demi kemajuan bangsa. Dibacakan oleh Mama Papua menggantikan Rini Soemarno.

Presiden Jokowi tak ketinggalan ikut serta sekaligus menutup pembacaan puisi tersebut.

“Jadilah Ibu Bangsa, wahai perempuan Indonesia,” ucap Presiden.

Sebelumnya, peristiwa menarik lainnya juga terjadi saat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di tempat acara. Keduanya ikut menyanyi dan menari bersama anak-anak Papua yang menjadi kelompok paduan suara. Lagu daerah asal Provinsi Papua ‘Yamko Rambe’ pun mengiringi tarian keduanya.  (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015