Melongok Puskesmas Magelang Selatan yang Ramah Anak

Selasa, 2 Jan 2018

MAGELANG (Pos Sore) — Puskesmas Magelang Selatan mendapatkan penghargaan sebagai Puskesmas Ramah Anak Terbaik Tingkat Nasional. Penghargaan diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise kepada Plt. Kepala Puskesmas Magelang Selatan drg. Endah Yuliarti Sp.KG, di Pekanbaru, pada puncak peringatan Hari Anak Nasional pada 22 Juli 2017.

Media rombongan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) pun berkesempatan berkunjung ke Puskesmas Magelang Selatan, Jawa Tengah, Jumat (29/12).

Ketua Tim Nasional Kota Layak Anak Choirul Muna, yang juga anggota DPR Komisi VIII dari Fraksi Nasdem, bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Wulandari Wahyuningsih, turut mendampingi.

Saat berkunjung ke sini, ada dua anak kecil yang asyik mewarnai gambar. Ada juga yang tengah membaca buku di ruang perpustakaan. Di sisi lain, seorang anak sedang bermain dengan boneka.

Deputi Tumbuh Kembang Anak KPPPA Lenny N Rosalin, menjelaskan, untuk menjadi Puskesmas Ramah Anak, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi. Di antaranya menyediakan tenaga medis yang tersosialisasi hak anak, media sosialisasi tentang kesehatan anak, ruang laktasi, ruang pelayanan dan ruang tunggu yang aman bagi anak.

“Ruang tunggu ramah anak ini penting. Jadi ketika ada anak yang sakit dibawa ke puskesmas oleh ibunya, anak yang sehat dibawa ke ruang tunggu anak yang tentunya dilengkapi dengan fasilitas bermain anak. Sementara anak yang sakit dibawa ke ruang tunggu pasien. Jangan sampai anak yang sehat menjadi sakit karena ikut menunggu di ruang tunggu pasien,” jelasnya ketika rombongan media tiba di Magelang, Kamis (28/12) malam.

Dikatakan Puskesmas Ramah Anak adalah Puskesmas lebih mengedepankan pelayanan yang ramah kepada anak, baik kepada anak yang sedang berobat ataupun anak sehat yang sedang berkunjung ke puskesmas.

Puskesmas Ramah Anak sendiri merupakan pengembangan dari Kabupaten/kota Layak Anak (KLA). Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) berupa adanya ruang bermain anak, ruang tunggu yang terpisah dari ruang sakit, ruang bermain anak, dan perpustakaan. Ruang imunisasi juga didesain dengan ragam warna dan pernak pernik sehingga menjadi daya tarik bagi anak. 

Bagaimana dengan Puskesmas Magelang Selatan? Di sini, ada ruang tunggu anak yang dilengkapi dengan alat bermain dan alat mewarnai. Dilengkapi pula dengan perpustakaan untuk anak. Ada taman bermain. Di lantai 2 juga ada ruang bermain anak.

Di Puskesmas Ramah Anak, minimal dua orang tenaga kesehatan harus paham dan terlatih mengenai Konvensi Hak Anak (KHA). Tersedia media dan materi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE). Tersedia juga fasilitas layanan kesehatan ibu dan anak.

Selain itu, tersedia dokter anak, konseling untuk anak, ruang tumbuh kembang anak, pojok ASI, serta tempat pelayanan korban kekerasan terhadap anak.

Terkait hal ini, sebanyak 29 Puskesmas di Kabupaten Magelang berkomitmen untuk menjadi instansi yang ramah anak. Selain untuk memenuhi hak kesehatan dan perlindungan anak, juga untuk menciptakan lingkungan nyaman dan ramah anak. (tety)