Abdimas FIKOM Ubhara Jaya Beri Pelatihan EO Karang Taruna Kelurahan Marga Mulya

Rabu, 3 Jan 2018

BEKASI (Pos Sore) — Sebagai wujud Tri Darma Perguruan Tinggi. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat (abdimas)

Tim dosen Fikom UBJ belum lama ini melatih keterampilan manajemen event organizer bagi anggota Karang Taruna Kelurahan Marga Mulya Kec. Bekasi Utara Kota Bekasi.

Pelatihan manajemen event organizer ini diikuti 40 peserta di Kantor Kelurahan Marga Mulya Kota Bekasi. Materi pelatihan meliputi manajemen event organizer, pembuatan proposal kegiatan event organizer, serta pengenalan dan pemanfaatan media online.

Tim dosen Fikom UBJ yang memberikan pelatihan antara lain Aminudin Junaedi, Tabrani Sjafrizal, dan Dwinarko. Pada pelatihan ini juga dilibatkan peran serta mahasiswa Fikom UBJ antara lain Rachmad Januar Saptodar dan Yulianti.

Ketua Abdimas Fikom Ubhara Jaya Aminudin Junaedi mengatakan, perlunya kedekatan antara dunia kampus dengan masyarakat. Abdimas ini menjadi jembatan antara dunia kampus dengan masyarakat.

“Barangkali di lapangan anggota karang taruna sudah terbiasa melaksanakan acara-acara seperti kegiatan tujuh belasan, pentas seni dan budaya, namun pada praktiknya apa yang dilakukan dalam penyelenggaraaan acara, harus berpedoman pada teori,” terangnya.

Yaitu bagaimana melaksanakan suatu kegiatan berpedoman pada teori manajemen event. Didahului perencanaan yang baik, seperti penentuan tema acara, waktu, biaya, panitia yang terlibat. Dengan perencanaan memungkinkan acara berjalan dengan efektif dan efisien sehingga terhindar dari kerugian.

Pengorganisasian juga dimaksudkan agar dalam pelaksanaan acara para panitia menjalankan sesuai dengan tugas yang telah ditetapkan, sehingga tidak tumpang tindah dalam melaksakan tugasnya.

“Suatu acara didahului dengan manajemen hasinya akan lebih baik, lebih efektif, efisien dan berkualitas,” tandasnya.

Lurah Marga Mulya Kota Bekasi Yeyen Apriyanti, yang diwakili Rizki Nuryanto selaku Seketaris Kelurahan, mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, karena memberikan pengetahuan bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kelurahan Marga Mulya Iksan Said mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini kiranya masyarakat khususnya anggota karang taruna mendapat ilmu dan wawasan dalam melaksanakan acara selanjutnya menjadi lebih baik. (tety)