Arief Yahya Lantik Pejabat Eselon di Lingkungan Kementerian Pariwisata

Kamis, 11 Jan 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Pariwisata Arief Yahya melantik pejabat Eselon I, II, III, dan IV di lingkungan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Para pejabat yang dilantik ini akan menempati posisi dalam struktur organisasi baru Kemenpar yang dibentuk dalam rangka memenuhi tuntutan strategis mencapai visi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2019.

“Saya sudah mencermati struktur organisasi yang selama ini kita gunakan dan saya berkesimpulan bahwa dengan struktur organisasi tersebut mustahil kita bisa mewujudkan visi 2019,” kata Menpar Arief Yahya, di Jakarta, Kamis (11/1).

Menpar menjelaskan, struktur organisasi lama masih dominan menggunakan dimensi fungsi (functional structure), sedangkan dalam organisasi baru menggunakan dimensi customer sebagai primary dimension.

“Pada hakekatnya Kemenpar adalah kementerian pemasaran, tugasnya memasarkan produk destinasi wisata untuk mendatangkan 20 juta wisman, bukan sekedar menjalankan aktivitas rutin kepemerintahan,” kata Arief Yahya.

Kemenpar, katanya, tak beda jauh dengan perusahaan: punya target tahunan dan punya omset yaitu, jumlah devisa wisman yang dihasilkan tiap tahun. Bedanya, kalau di perusahaan, omset (profit) itu masuk ke kantong pemegang saham, sedangkan di Kemenpar omset itu dikembalikan ke masyarakat demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Melalui restrukturisasi organisasi, Kemenpar menjadi lebih berfokus pada pelanggan atau wisatawan dan diharapkan akan lebih sensitif dalam memahami kebutuhan wisatawan dan lebih adaptif menciptakan produk-produk wisata untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

“Karena pada hakekatnya bisnis pariwisata adalah bisnis pengalaman (experience), maka dengan struktur organisasi baru ini kita harus mampu menciptakan extraordinary experience kepada wisatawan,” jelas menpar.

Struktur baru organisasi Kemenpar, menurut Arief Yahya, cukup padat terdiri dari empat deputi: Deputi Pengembangan Pemasaran, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Deputi Bidang Industri dan Kelembagaan Pariwisata, yang semuanya akan lebih fokus kepada wisatawan.

Menpar Arief Yahya mengingatkan, untuk mewujudkan visi mendatangkan 20 juta wisman di tahun 2019 diperlukan tim kerja yang solid. Untuk ini, para pejabat yang baru dilantik merupakan tim yang bekerja dalam satu kesatuan dalam rangka mencapai target dan indikator kinerja utama yang jelas dan terukur secara kuantitatif maupun kualitatif. (tety)

Populer
Terkomentari
Optimalkan Penyerapan Gabah Petani
Bulog dan Kementan Gelar Rapat Koordinasi
Rabu, 9 Mei 2018
Salah Seorang Pendungung Rahmat Effendi Dikeluarkan
Debat Tahap Dua Pilkada Kota Bekasi Ricuh
Kamis, 3 Mei 2018
Produk Anyar Layanan BTN-TCASH
Jumat, 11 Mei 2018
Gara-gara LPJ Dana Kemitraan 2017 Lambat
Warga Tolak Talangan Kompensasi Bau dari Pemkot Bekasi
Sabtu, 19 Mei 2018
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015