BIG Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan KSP untuk Daerah Pulau Jawa

Kamis, 1 Feb 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta di Tingkat Daerah untuk Pulau Jawa. Dalam sosialisasi ini disebutkan pemerintah tengah mempersiapkan peraturan yang memungkinkan peta bisa diberbagipakaikan.

Kepala BIG Prof. Hasanuddin Z Abidin, mengatakan, aturan tersebut saat ini sedang disiapkan oleh Menko Perekonomian dan diharapkan akhir Februari 2018 sudah bisa diterbitkan.

“Berbagipakai peta ini berkaitan dengan adanya peta-peta tematik yang tidak semua boleh diakses oleh publik,” jelasnya, di Jakarta, Kamis (1/2).

Ia berpandangan, KSP memang harus bisa diakses oleh publik karena akan menjadi sia-sia jika publik tak bisa mengakses. Tetapi, tandasnya, untuk bisa berbagipakai peta, tentu harus ada izin dari walipeta atau pemilik peta utamanya peta-peta tematik.

“Karena ada peta yang bisa diakses publik, ada yang intern dan ada juga yang hanya boleh dilihat tanpa bisa dicetak. Bahkan ada hal-hal yang harus dirahasiakan seperti kepemilikan lahan,” katanya.

Hasanuddin optimis proses pembuatan Satu Peta akan selesai tepat pada waktunya. Untuk saat ini peta untuk Kalimantan dan Sulawesi sudah selesai. Tahun ini pulau Jawa, Papua dan Nusa Tenggara bisa dituntaskan mengingat beberapa peta tematiknya sudah ada.

Sebagaimana diketahui, Kebijakan Satu Peta sesuai Peraturan Presiden nomor 9 tahun 2016 dimaksudkan untuk mengurangi tumpang tindih pemanfaatan ruang dan penggunaan lahan.

Perpres ini juga menegaskan, percepatan pelaksanaan kebijakan Satu Peta skala 1:50.000  bertujuan untuk terpenuhinya satu peta yang mengacu pada satu basis data, satu referensi geospasial, satu standar dan satu geoportal guna pelaksanaan pembangunan nasional.

Percepatan pelaksanaan Kebijakan Satu Peta sudah berjalan selama tiga semester sejak 2016. Kebijakan ini melibatkan berbagai Kementerian dan Lembaga sebagai walidata peta tematik. Meliputi 85 tema informasi geospasial tematik yang penyelenggaraannya dilaksanakan oleh 19 Kementerian/Lembaga. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015