5 Poin Ini Tentukan Keberhasilan Wirausaha Pemula

Selasa, 6 Feb 2018

TANGERANG (Pos Sore) — Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengungkapkan, kunci keberhasilan pelaku bisnis Startup dan wirausaha pemula harus memiliki lima poin penting. Yaitu, pengetahuan, skill, networking, menangkap peluang, dan sikap perilaku.

“Meski kita berhasil lulus kuliah dengan Cum Laude, belum tentu berhasil secara ekonomi,” tegas Agus dalam acara National Startup Summit (NSS) 2018 dengan tema Startup for All, di Convention Hall ICE, BSD City, Tangerang, Selasa (6/2).

Menurut Agus, lima kunci tersebut harus dimiliki karena saling terkait satu sama lain. Pengetahuan tanpa skill, masih belum cukup untuk mencapai keberhasilan secara maksimal. Dengan skill tinggi kita bisa menciptakan brand yang dikenal punya pengaruh kuat dalam memasarkan produk dari seseorang sebagai pelaku bisnis Startup.

“Tapi pengetahuan dan skill juga akan lebih baik bila Startup memiliki networking bisnis yang luas. Begitu pula bila perlu memiliki kemampuan lebih untuk menangkap peluang yang ada. Dan yang tak kalah penting adalah sikap perilaku seorang Startup, yang juga bisa menentukan sukses tidaknya kita dalam berbisnis ke depan,” tandas Agus.

Dalam mengembangkan dan memajukan bisnis Startup di Indonesia, lanjut Agus, Kemenkop UKM memiliki program strategis dalam hal mencari bakat wirausaha di kalangan anak muda, pelatihan, kompetisi, pemberian award, hingga pemberian kemudahan (fasilitas).

“Tahun ini kita akan menjaring ribuan wirausaha pemula yang nantinya akan kita beri permodalan maksimal Rp13 juta per orang. Kita juga ada kredit usaha rakyat atau KUR dengan bunga 7% pertahun dan dana bergulir dari LPDB KUMKM dengan bunga 4,5% pertahun. Kemenkop dan UKM juga memiliki program pelatihan kewirausahaan,” papar Agus lagi. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015