Menristek: Didik Anak Muda Berjiwa Wirausaha yang Suka Tantangan

Selasa, 6 Feb 2018

TANGERANG (Pos Sore) — Menteri Ristek dan Dikti M Nasir berharap bisnis Startup di Indonesia bisa tumbuh menjadi besar, hingga mampu pula menjadi industri besar.

“Kita sekarang menghadapi tantangan besar di era Revolusi Industri ke-4, bila dulu kita melihat secara fisik tapi kini sudah cyber digital system,” tegas Menristek pada acara National Startup Summit (NSS) 2018 bertema ‘Startup for All’, di Convention Hall ICE, BSD City, Tangerang, Selasa (6/2).

Acara tersebut digagas oleh Chairman NSS 2018 yang juga CEO Arrbey Consulting Handito Joewono tersebut. Hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram, Dirjen Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Pangerapan, dan Tokoh Wirausaha yang juga Menteri Perumahan Rakyat periode 1983-1988 Cosmas Batubara.

Menristek pun mencontohkan fenomena terkini, bisnis berbasis teknologi informasi yang mampu mendulang penghasilan hingga ratusan miliar rupiah. Misalnya, bisnis transportasi online.

“Siapa yang menyangka mereka bisa menjadi besar seperti sekarang. Oleh karena itu, saya selalu mendorong agar pelaku bisnis Startup bisa maju dan besar. Saya juga ingin anak muda era milenial mampu menghasilkan inovasi terbaik untuk bisa menjual produk dalam negeri,” tukas menristek.

Menristek menambahkan, pihaknya memiliki program strategis dalam mengembangkan bisnis Startup di Indonesia. Yaitu, program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT).

“Kita mendidik anak muda berjiwa wirausaha yang suka akan tantangan. Dari 661 orang anak muda yang masuk seleksi, kita mampu membentuk pelaku Startup berkelas internasional sebanyak 15 orang. Saya pernah jumpa salah satunya berbisnis dan sukses di London,” ungkap menristek.

Menristek juga menghimbau agar pelaku bisnis Startup tidak takut akan kegagalan. Karena, dalam setiap kegagalan akan mendapatkan satu ilmu lain untuk menuju kesuksesan. “Dalam bisnis Startup, kita akan menemukan tiga unsur penting, yaitu inovator, inverter, dan juga investor,” kata dia lagi. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015