Widyakarya Pangan Nasional dan Gizi 2018 Sorot Masalah Stunting

Selasa, 13 Feb 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Indonesia harus memiliki kemampuan sumberdaya manusia (SDM) yang berdayasaing tinggi agar mampu bersaing di era kemajuan komunikasi dan teknologi. Untuk mencapai kemampuan tersebut, negeri ini masih harus menyelesaikan persoalan stunting untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Persoalan stunting pun menjadi sorotan utama dalam penyelenggaraan Widyakarya Pangan Nasional dan Gizi (WNPG) XI Tahun 2018 yang bakal digelar pada 3-4 Juli 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta.

“Permasalahan pemilihan pangan yang berkualitas dan gizi yang seimbang sangat menentukan kualitas SDM kita. Inilah yang akan menjadi salah satu pembahasan dalam WNPG XI untuk menjadi rekomendasi strategis,” terang Plt. Kepala LIPI, Bambang Subiyanto dalam Soft Launching WNPG XI, di LIPI Pusat Jakarta, Senin (29/1).

Bambang melihat, peran SDM Indonesia ke depan akan semakin signifikan di tengah perkembangan iptek dan telekomunikasi yang semakin cepat. Alhasil, dunia semakin tanpa batas dan membuat negara saling berkompetisi.

“Negara yang mampu berkompetisi dengan SDM berdaya saing akan mampu mengambil posisi dan beradaptasi dalam menghadapi era global,” tuturnya.

Kendati demikian, dia melihat tantangan besar SDM Indonesia sekarang ini dikarenakan 60 persen SDM tenaga kerja masih berpendidikan SD dan SMP dan hanya 20 persen yang berlatar belakang pendidikan tinggi. Kondisi ini pun masih diperburuk dengan persoalan stunting. Stunting pada intinya adalah gizi buruk dan rendahnya kemampuan kognitif.

Dikatakan Bambang, Indonesia saat ini masuk dalam negara ke-5 dengan jumlah angka stunting tertinggi di dunia padahal Indonesia masuk dalam negara G20. Sekitar 26 persen angka tersebut berada pada anak kelahiran antara 2007 hingga 2013. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015