Indonesia Healthcare Forum Gelar IndoHCF Innovation Awards II-2018

Rabu, 7 Mar 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Indonesia Healthcare Forum kembali menggelar ‘IndoHCF Innovation Awards II-2018’. Ini adalah penghargaan bagi individu, instansi, lembaga, dan pemerintah daerah yang dengan segala inovasinya dinilai mampu berkontribusi dalam pembangunan bidang kesehatan Indonesia.

Ketua Umum IndoHCF, Dr. dr. Supriyantoro, SpP, MARS, mengatakan, program penghargaan IndoHCF ini diadakan untuk mendukung perkembangan dunia kesehatan Indonesia. Terutama dalam pelaksanaan program pemerintah dan inovasi oleh anak bangsa.

“Karya anak bangsa sangat banyak di bidang kesehatan namun kurang ada yang mewadahi. Maka kami wadahi melalui IndoHCF bekerjasama dengan IDSMed, satu perusahaan distributor alkes terkemuka. Ini untuk mendorong peningkatan inovasi alkes lokal,” katanya, di Jakarta, Selasa (6/3).

VP Director idsMed Indonesia Ramli Laukaban, mengatakan, pihaknya menggandeng IndoHCF karena visi yang sama dalam menggerakan inovasi dan layanan kesehatan di Tanah air. “Maka kita dorong melalui  penghargaan bagi individu yang melakukan sesuatu yang ekstra terkait kategori-kategori dalam IndoHCF Award,” kata Ramli.

Supryantoro menjelaskan, CSR idsMed dimanage untuk berkontribusi bagi industri kesehataan. “Kami paham dana pemeritah tidak besar. Untuk mengisi pasar kekosongan, kami mendukung. Tentu kami membawa misi peningatan kesehatan masyarakat Indonesia,” katanya.

Tahun ini, IndoHCF Award menetapkan lima kategori yakni:
1.    Inovasi Kreasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Inovasi kreasi gerakan masyarakat hidup sehat. Bertujuan untuk mendorong pengembangan kreativitas dalam mengkomunikasikan program gerakan masyarakat hidup sehat kepada masyarakat. 

2. Inovasi SPGDT. Inovasi dalam pengembangan/penguatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu mulai dari lokasi kejadian sampai dengan dibawa ke rumah sakit. Bertujuan untuk mendukung percepatan integrasi SPGDT di suatu daerah.

3. Inovasi Kesehatan Ibu & Anak. Inovasi dalam upaya peningkatan kesehatan Ibu dan Anak yang sudah diimplementasikan dan dapat diukur keberhasilannya. Bertujuan untuk percepatan tercapainya peningkatan kesehatan Ibu & Anak khususnya dalam upaya menurunkan angka stunting, morbiditas dan mortalitas.

4. Inovasi Alat Kesehatan. Inovasi/temuan di bidang alat kesehatan yang tepat guna dan berdaya guna. Bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi alat kesehatan dalam negeri yang berkualitas.

5.  Inovasi IT di bidang Smart Health. Inovasi/temuan ICT di bidang kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan ICT di bidang kesehatan baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Supriyantoro menjelaskan, ada yang membedakan dari event perdana. Kali ini dengan menambah kategori baru yaitu GERMAS yang menggantikan kategori Promosi Kesehatan, dan memperluas penerima award untuk kategori KIA dan SPGDT. Pemerintah daerah propinsi dan kabupaten/kota yang berhasil melakukan inovasi berkesampatan mendapatkan penghargaan.

“Dengan perluasan kategori dan penambahan kategori ini diharapkan ada penambahan jumlah peserta dan kualitas produk inovasinya juga makin meningkat,” jelas Supriyantoro.

Penambahan kategori GERMAS didasarkan pada pentingnya program GERMAS sebagai program nasional yang menjadi salah satu pilar menuju Indonesia Sehat. Sementara kategori KIA, berdasarkan pada masih tingginya  angka kematian ibu dan anak dan perlu pelbagai inovasi untuk menurunkannya.

Dari sisi SPGDT, kategori ini sangat penting sebab angka kecelakaan/kematian akibat lalu lintas masih sangat tinggi , sehingga perlu peningkatan komitmen Pemda dalam melakukan inovasi agar penanggulangan gawat darurat terintegrasi. 

Pendaftaran untuk event ini dilakukan secara online sejak 1 Desember 2017 – 20 Maret 2018 melalui www.indohcf-award.com. Puncak kegiatan diadakan pada 25-26 April 2018 di Hotel Fairmont Jakarta. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015