Makan Ikan Bentuk Generasi Indonesia Sehat dan Cerdas

Jumat, 6 Apr 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Ikan, salah satu sumber pangan yang kaya protein, lemak dan vitamin, sehingga sangat bagus bagi pemenuhan nutrisi dan perkembangan kecerdasan. Sayangnya, konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih jauh dari ideal.

Konsumsi ikan masyarakat Indonesia saat ini hanya 47 kg per kapita per tahun (2017). Ini terbilang paling rendah di negara ASEAN, terlebih jika dibandingkan dengan negara Jepang yang konsumsi ikannya mencapai 100 kg per kapita per tahun.

Karenanya, perlu terus didorong kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi ikan. Perlu terus dilakukan gerakan untuk menggugah kesadaran masyarakat secara berkesinambungan guna mengkonsumsi ikan dan olahannya.

Untuk menciptakan generasi Indonesia yang cerdas dan sehat, IKAL 49 dan Ikatan KAHGAMA 88 – Keluarga Alumni  Hukum UGM angkatan 88 serta didukung Perum Perikanan Indonesia dan GMT Property 15, melakukan gerakan ‘Ayo Makan Ikan’.

Gerakan ini berupa bazar di beberapa tempat. Diawali dari Mal Cijantung (30 Maret – 1 April 2018), dan dilanjutkan di Kantin Kendal, Jl Kendal No 1 Menteng, pada 24-25 April 2018.

Dalam kegiatan ini tersedia berbagai macam sajian ikan dengan resep khas Nusantara dan turunannya yang dikombinasikan dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti lomba memasak, live music dan lomba mewarnai dengan tema lingkungan laut dan ikan.

Boedhi Setiadjid, Ketua IKAL 49 sebagai wadah alumni PPRA 49, sekaligus  pemrakarsa menyatakan, kegiatan ini untuk mendukung nelayan dan petambak serta pedagang guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka.

“Dan ini sejalan dengan komiten berbangsa dalam mendukung program pemerintah mewujudkan kedaulatan pangan,” katanya. 

Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Risyanto Suanda, sangat mendukung kegiatan yang dinilainya sangat menarik dan bermanfaat, ini.

Dikatakan, dengan konsumsi ikan, selain untuk memenuhi gizi dan nutrisi, juga dapat mendorong pemenuhan pangan. Dengan demikian dapat terwujud kemandirian dan kedaulatan pangan, serta tidak tergantung kepada produk impor.

“Terwujudnya masyarakat yang cinta produk Indonesia merupakan dambaan kita bersama, terutama dalam meningkatkan konsumsi ikan. Bergabunglah untuk menikmati sajian yang sehat dan berselera dari ikan dengan resep khas Nusantara. Ayo makan ikan menuju generasi bangsa Indonesia yang sehat dan cerdas,” tambah Ade Rianti, Ketua Panitia Pelaksana. (tety)