Pencuri Mobil Taksi Online Diringkus

Rabu, 11 Apr 2018

JAKARTA (Pos Sore) – Dua pencuri mobil dengan modus order taksi online diringkus petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Timur di Pelabuhan Merak, minggu lalu. Kedua pelaku yakni Nurali dan Edi Setiawan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Sapta Maulana mengatakan pelaku ditangkap atas laporan korban, Aan mengaku mobilnya dicuri.

“Korban menerima order online (grab) di City Mall Jatinegara untuk diantarkan ke pisangan tama daerah pasar induk beras Cipinang, selanjutnya korban menjemput 3 orang. Setibanya di Cipinang, ketiga pelaku menodong korban dengan dua bilah pisau,” ujar Sapta di Mapolres Metro Jakarta Timur, Rabu (11/4).

Korban disekap, kedua tangan diikat pakai tali plastik, mata dan mulut dilakban sehingga kondisinya lemah. Dia dibuang di tempat yang sepi sekitar kuburan casablanka Tebet.

Atas kejadian itu, korban melapor ke Polres Metro Jakarta Timur. Tidak lama kemudian petugas langsung berupaya melakukan penyelidikan.

Untungnya, ada alat Global Positioning System (GPS) yang terpasang di dalam mobil tersebut membuat polisi lebih mudah melacak pelaku. Setelah berkordinasi dengan pihak GPS untuk memantau keberadaan unit mobil berikut pelaku, akhirnya diketahui posisi pelaku dan langsung dikejar.

“Satu pelaku kami amankan di Merak saat akan membawa mobil tersebut ke Lampung,” tegasnya.

Dikatakannya pelaku mengaku sudah beraksi sebanyak dua kali. Setiap beraksi selalu bersama dua rekannya. Dalam pengembangan, penyidik menangkap Nurali. Ketika dibawa menunjukkan tempat persembunyian rekan, Roby (DPO) tersangka berusaha kabur sehingga polisi melumpuhkannya dengan timah panas di kaki.

Atas perbuatan pelaku polisi menyita satu mobil milik korban dan dua bilah senjata tajam yang digunakan pelaku. Kedua pelaku terjerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. (marolop)