Jadi Sentra Buah dan Sayur, Wagub DKI Resmikan ‘Lokbin Pasar Minggu’

Sabtu, 21 Apr 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan ‘Lokbin Pasar Minggu’. Ini adalah lokasi binaan buah dan sayur KUKM Pasar Minggu yang sudah direvitalisasi oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Pasar Minggu.

Kegiatan peresmian ini beriringan dengan Festival Buah dan Sayur Pasar Minggu yang ditandai dengan adanya Totem Buah dan Sayur sebagai tanda kembalinya Pasar Minggu sebagai Sentra Buah dan Sayur di DKI Jakarta.

“Ini sebagai upaya mengajak masyarakat datang ke pasar tradisional dan mengembalikan Pasar Minggu menjadi sentra buah dan sayur,” kata Sandi, di Jakarta, Sabtu (21/4).

Kegiatan ini juga didorong oleh Program OK OCE dalam meningkatkan dan menggiatkan UKM di masyarakat. Pemerintah dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat komit mendukung dan memfasilitasi para pengusaha mikro, kecil dan menengah.

Dukungan ini sejalan dengan Undang-undang Nomor 20, Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Dalam UU ini menunjukkan adanya pengaturan tempat dan pembinaan usaha mikro pedagang kaki lima, yang sering disebut dengan Lokasi Binaan atau Lokbin.

Lokasi Binaan sebagai salah satu sarana dan fasilitas lokasi binaan Usaha Mikro Pedagang Kaki Lima (Lokbin) yang terdiri dari lahan tempat usaha terbuka, setengah tertutup atau tertutup yang dilengkapi dengan fasilitas sarana MCK, listrik, tempat sampah dan papan nama lokasi.

Salah satu Lokasi Binaan berada di Pasar Minggu. Lokasi Binaan ini sebagai tempat usaha para pedagang kaki lima yang telah mendapatkan sarana dan fasilitas dalam mengelola usaha mereka, termasuk buah dan sayur.

Banyak manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur ini bisa didapatkan dengan mudah di Lokasi Binaan Buah dan Sayur.

Buah dan Sayur sendiri merupakan icon Pasar Minggu. Pada 1960-an sampai 1980-an adalah era Pasar Minggu sebagai sentra buah di Jakarta. Maka, tidak berlebihan bila Adi Karsa menciptakan lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu.

Festival Buah dan Sayur Pasar Minggu selaras dengan visi dan misi HIRATHA Corporation, sebagai mitra yang menyelenggarakan kegiatan. Yang mengutamakan keseimbangan antara konsep pemberdayaan manusia, pengelolaan alam serta teknologi terbarukan yang berlandaskan kesadaran.

“Sehingga menjadi manusia berkesadaran tinggi dan berkarakter kuat dalam integritas, kredibilitas dan kinerja,” kata Arif Budi Utomo, Direktur Utama PT. Hijrah Tahta Artha.

Selain peresmian pembenahan infrastruktur Lokbin Buah dan Sayur Pasar Minggu, kegiatan ini sekaligus dibukanya Festival Buah dan Sayur Lokbin Pasar Minggu selama setahun dengan tahapan kegiatan setiap dua bulan sekali. (tety)