Dialokasikan Anggaran Rp1,3 Triliun

Pemprov DKI Jakarta Fokus Laksanakan Program Normalisasi Kali

Rabu, 25 Apr 2018
Pengerukan kali di Jakarta dilakukan sepanjang tahun

POS SORE – – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan akan fokus melaksanakan program penanganan banjir melalui normalisasi sungai sepanjang tahun ini.

“Kami sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,3 triliun untuk melaksanakan program penanganan banjir di ibukota pada 2018,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Teguh Hendrawan di Jakarta, Rabu (25/4).

Anggaran tersebut, menurut dia, disiapkan untuk membiayai pembebasan lahan normalisasi sungai, waduk, situ dan embung yang sudah dilaksanakan sejak 2017 lalu.

“Dari total keseluruhan anggaran Rp1,3 triliun itu, sebanyak Rp800 miliar akan dialokasikan untuk pembebasan lahan dalam program normalisasi sungai,” ujar Teguh.

Sementara itu, sambung dia, sisanya sebesar Rp500 miliar dipersiapkan untuk melaksanakan pembebasan lahan pembangunan waduk, situ dan embung.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pembebasan lahan untuk program normalisasi masih difokuskan di tiga kali, antara lain Kali Ciliwung, Kali Pesanggrahan dan Kali Sunter,” tutur Teguh.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan untuk pembebasan lahan, pembangunan waduk difokuskan di lima lokasi, yakni Waduk Rambutan, Waduk Cimanggis, Waduk Brigief, Waduk Lebak Bulus dan Waduk Marunda.

“Jadi memang fokus kami pada tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu melanjutkan program strategis nasional dengan melakukan normalisasi sungai,” jelas Teguh. (emf)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015