Dishub dan Kepolisian Siapkan Razia

Separuh Lebih Angkot Bekasi Belum Lakukan Uji Kir

Rabu, 25 Apr 2018
Sebagian besar Angkot di Bekasi belum lakukan uji kir

POS SORE – Kepala Bidang (Kabid) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kabupaten Bekasi, Deny Hendra mengungkapkan sebagaian besar angkutan umum di wilayahnya tak melakukan uji kir.

Pihak Dishub mencatat baru sekitar 40 persen angkutan umum di wilayahnya yang bersedia melakukan uji kir. Padahal, katanya ada ratuaan angkutan dari 25 trayek yang ada, namun mereka tak melakukan uji kir,” kata Deny Hendra di Cikarang, Rabu (25/4).

Deny mengungkapkan, jumlah angkutan umum keseluruhan belum dapat diketahui, karenanya masih dalam tahap pembaharuan data. Terkait keengganan pemilik angkot yang ogah melakukan uji kir ini pihaknya akan mengambil tindakan dengan melakukan koordinasi bersama Satuan Lalulintas Polres Metro Bekasi guna merazia angkutan.

Ini sudah melakukan tindakan antaranya memberikan imbauan berupa spanduk, maupun sosialisasi terhadap pemilik angkutan. “Tetapi bila masih belum dilakukan maka langkah terakhir yaitu merazianya,” katanya.

Dan bila menemukan adanya angkutan umum yang belum melakukan uji KIR maka akan ditibdak tegas. Tindakan itu berupa teguran, hingga pencabutan izin operasinya.

Ia menambahkan uji KIR memang sudah selayaknya dilakukan, itu sebagai upaya mengetahui kelayakan kendaraan. Selain itu, juga sebagai pemasukan setiap daerah berupa pajak. Yang nantinya pajak tersebut digunakan untuk pembangunan.

Namun dalam hal ini diduga ketidaktaatan angkutan umum karenanya kalah bersaing dengan keberadaan angkutan berbasis online. Sehingga, para pengusaha angkutan tersebut tidak mau untuk melakukan pengujian kendaraan yang diwajibkan secara aturan perundang undangan.

Deny menjelaskan dalam upaya itu tidak hanya koordinasi dengan kepolisian namun juga samsat daerah setempat guna menindak tegas. Dan kegiatan razia tersebut rencananya dalam waktu dekat ini akan dilakukan. Namun itu akan ada pembagian titik dalam satu harinya.

Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaannya dapat lebih maksimal dan tentunya hatus ada tindakan hukum agar pengusaha angkutan jera. (emf)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015