Wapres Republik Iran Temui Ketua Umum Kowani

Rabu, 2 Mei 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Wakil Presiden Republik Iran Bidang Wanita dan Keluarga Madame Masoumeh Ebtekar berkunjung ke kantor Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Jakarta, Rabu (2/5).

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo menyampaikan rasa hormatnya atas kunjungan ini. Pihaknya berharap kunjungan ini awal dari jalinan hubungan antara Kowani dengan wanita-wanita di negara Iran.

Kepada Wapres Republik Iran, Giwo menjelaskan, Kowani adalah federasi organisasi wanita tertua dan terbesar di Indonesia yang sekarang mewadahi 91 organisasi wanita di tingkat pusat.

“Kowani didirikan melalui Kongres Perempuan pertama pada tanggal 22 Desember 1928 oleh perempuan Indonesia untuk membantu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tanggal tersebut sekarang dikenal sebagai ‘Hari Ibu’ di Indonesia,” terang Giwo.

Giwo menambahkan, meski perjalanan perjuangan perempuan telah membuat banyak kemajuan, tetapi tidak dapat disangkal saat ini masih ada masalah. Perempuan masih menghadapi masalah yang rumit.

“Karenanya, untuk pemecahan masalah tersebut harus ada keterlibatan negara, pemerintah, dan organisasi wanita dengan tindakan nyata, bertindak cepat, sistematis, berkelanjutan, dan terukur,” lanjut Giwo.

Dikatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang ramah wanita. Tidak ada sejarah bangsa-bangsa beradab besar di dunia tanpa keterlibatan perempuan yang besar. Karenanya, kebangkitan wanita harus diwujudkan dalam kualitas nyata.

“Saat ini, Kowani fokus pada sejumlah masalah untuk mengevaluasi potensi dan mengembangkan wanita dan anak-anak Indonesia,” ujarnya.

Secara keseluruhan, fokus utama Kowani adalah memperjuangkan hak dan kesetaraan perempuan di bidang pendidikan, perekonomian, kesehatan, hukum, dan lingkungan hidup.

Kowani juga bergerak aktif dalam lingkup internasional untuk mendorong dan mengembangkan potensi wanita untuk berpartisipasi aktif dalam forum regional dan internasional dengan bergabung pada organisasi ICW, ACWO, serta pengakuan yang diterima dari badan PBB UN-ECOSOC.

Sementara itu, Ebtekar menyebutkan jika dirinya banyak belajar dari Kowani dan sangat tertarik untuk lebih mengetahui mengenai berbagai kegiatan organisasi wanita terbesar di Indonesia ini.

“Banyak pencapaian Kowani yang saya kagumi. Kami juga bertukar informasi mengenai keberhasilan dan tantangan yang kami hadapi di negara masing-masing dalam hal pemberdayaan perempuan,” ujar Ebtekar.

Kowani dan Entekar berencana melanjutkan kerjasama antara lain seperti pertukaran kandidat untuk pelatihan.

Kedatangan Massoumeh Ebtekar ke Indonesia adalah untuk menghadiri Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) tentang Islam wasathiyah (moderat) pada 1-3 Mei 2018. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015