Dengan Big Data Semua Informasi Ada di Tangan Kita

Minggu, 13 Mei 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo mengatakan, dengan memegang big data, sesungguhnya semua informasi ada di tangan kita. Apapun bisa kita lakukan, bahkan memonitor kepadatan lalu lintas dan memperkirakan lamanya perjalanan.

“Pada era big data ini, penggunaan teknologi memegang peranan paling vital. Akan terjadi otomatisasi di mana sejumlah jenis pekerjaan digantikan oleh robot dan mesin,” kata Roy yang juga pakar teknologi dan telekomunikasi ini.

Ia menegaskan hal itu saat berbicara dalam Seminar Nasional bertajuk ‘Kesiapan, Peluang dan Tantangan Penggunaan Big Data Dalam Ekonomi Digital’, yang diadakan Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, di Graha Dirgantara, Halim Perdanakusumah, Jakarta, Minggu (13/5).

Meski demikian, menurut Roy, penggunaan teknologi yang sedemikian masif yang menang tetaplah hati nurani. “Di atas teknologi, bagaimana pun, yang menang adalah hati nurani manusia,” tandasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Adminsitrasi (FIA) STIAMI Dr. Bambang Irawan, MM mengatakan fenomena big data telah merontokkan retail-retail besar di hampir semua negara. Demikian juga dalam hal pekerjaan, diperkiraan ada 12,5 persen jenis pekerjaan yang hilang dan digantikan oleh mesin maupun robot.

“Inilah pentingnya kita sema mempersiapkan diri. Apakah kita bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang sedemikian pesat, atau kita menyerah kalah,” katanya.

Hanya orang-orang yang mampu menguasai teknologi yang kemudian bisa bertahan dan mengalami kemajuan dalam kehidupannya. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015