Smart Drop Box, Tempat Sampah Pintar Berbasis Teknologi

Minggu, 13 Mei 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Dengan didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Danone-AQUA, Alfamart, Telkomsel dan Smash meluncurkan Smart Drop Box (SDB) di Car Free Day (CFD) Jakarta, hari ini, Minggu (13/5).

Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah, Ditjen Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK mengatakan, pihaknya terus mendorong upaya pengurangan sampah yang dilakukan produsen.

“Pemerintah akan memberikan apresiasi untuk kolaborasi yang dilakukan oleh produsen dengan berbagai pihak dengan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah prosesnya,” katanya.

SDB merupakan tempat sampah pintar yang dilengkapi sistem pemindai barcode botol plastik dan terhubung dengan mySmash, yaitu aplikasi yang membantu pengguna SDB untuk mencatatkan sampah botol yang dikumpulkan dan mendapatkan imbalan poin yang dapat digunakan sebagai pembayaran online.

Sebelumnya, pengguna SDB harus mengunduh aplikasi pada telepon pintar lalu memindai barcode pada botol plastik yang akan dibuang. Setelah sampah botol plastik ini dimasukkan ke dalam SDB, maka akan diberikan imbalan dalam bentuk poin T-Cash (produk e-money Telkomsel).

Sejumlah 80 SDB akan ditempatkan di gerai Alfamart wilayah Jakarta dan Tangerang di sepanjang tahun 2018. Sebagai pengenalan awal ke masyarakat, Danone-AQUA sebagai sponsor resmi Asian Games akan menyebar 30 SDB di sekitar venue pertandingan di Jakarta selama perhelatan besar tersebut berlangsung.

Melalui inisiatif SDB, Danone-AQUA, Alfamart, Telkomsel dan Smash berkolaborasi membangun model pengelolaan sampah botol plastik PET yang terintegrasi, dengan melibatkan peran aktif konsumen dalam proses awal daur ulang.

Smash (Sistem Online Manajemen Sampah) sebagai pengembang aplikasi berperan untuk mendesain dan mengoperasikan sistem online yang terpasang di SDB dan aplikasi mySmash yang digunakan oleh pelanggan. Smash merupakan platform aplikasi terintegrasi untuk manajemen persampahan di seluruh Indonesia.

Adapun Telkomsel, turut mengawal mySmash dalam lahirnya solusi ide tempat sampah pintar berbasis teknologi sebagai bagian dari Program Inkubasi Bisnis. Solusi Smart Drop Box ini pun didukung oleh konektifitas Telkomsel dengan kartu perdana khusus yang didesain untuk konektifitas antar barang (Internet of Things SIM Card).

Alfamart sendiri berperan sebagai collection point (titik pengumpulan) sampah botol plastik melalui jaringan gerainya. Selain itu, Alfamart juga akan mengedukasi dan melakukan pelatihan daur ulang dari sampah botol yang terkumpul menjadi produk bernilai tambah.

Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan di Rumah Albi, yakni ruang komunitas yang disediakan gratis oleh Alfamart untuk kegiatan-kegiatan masyarakat sekitar toko.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, menjelaskan, Danone-AQUA akan menyediakan imbalan bagi pengguna SDB dalam bentuk poin T-Cash.

Selain itu, memfasilitasi pengangkutan sampah botol plastik dari SDB ke bank sampah terdekat, untuk kemudian diproses lebih lanjut di Unit Bisnis Daur Ulang/Recycling Business Unit (RBU) yang berada di Tangerang Selatan.

“Hasil pengelolaan sampah plastik ini kemudian dibawa ke industri daur ulang untuk diubah menjadi bahan baku produk baru, di antaranya tas belanja kain yang dapat menggantikan kantong plastik sekali pakai,” ujarnya. (tety)