PPNI Benahi Kualitas Pendidikan Agar Perawat Sejahtera

Rabu, 16 Mei 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Rohman, Ketua Dewan Pengurus Pusat Bidang Informasi Komunikasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP Infokom PPNI) menyorot soal pendidikan perawat sebagai hal utama dalam mendongkrak kesejahteraan profesi perawat.

Menurut Rohman, tanpa penambahan kualitas mutu pendidikan, bisa dipastikan kesejahteraan profesi perawat akan berjalan ditempat. Karenanya, PPNI hingga satu tahun terakhir giat mengadakan pelatihan.

Dia menegaskan, peningkatan kesejahteraan tidak akan terjadi jika ilmu dan mutu pendidikan perawat tidak ditingkatkan. Terlebih teknologi layanan kesehatan terus berkembang.

“Kami berupaya mengadakan pelatihan penelitian, pelatihan analisis dan bagaimana cara membuat laporan. Hal ini penting karena profesi perawat ujung tombak terdepan dari pelayanan rumah sakit,” ujar Rohman, Rabu (16/5).

Dikatakan Rohman, PPNI sangat mengapresiasi institusi kesehatan yang menyediakan beasiswa pendidikan bagi para perawat. Selain sesuai amanat UU Perawat No. 38 Tahun 2014, pendidikan beasiswa dapat membantu institusi tersebut dalam peningkatan layanannya.

“Misalnya, saya ambil contoh rumah sakit Siloam, setiap tahun institusi tersebut menyediakan beasiswa pendidikan bagi para perawat. Kami sangat memberi apresiasi,” sebut Rohman.

Sebelumnya dalam perayaan hari perawat internasional yang dirayakan setiap 12 Mei, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Caroline Riady menyatakan pihaknya pada 2018 ini membuka program pendidikan beasiswa perawat sebanyak 300 kursi.

Menurut Caroline, pengadaan beasiswa perawat diperlukan mengingat terjadinya peningkatan pasien dari seluruh jaringan rumah sakit Siloam. Pesatnya teknologi kesehatan salah satu faktor pendukung akan adanya beasiswa perawat tersebut.

Tahun ini Siloam menyeediakan 300 beasiswa bagi perawat yang bekerja di jaringan Siloam Hospitals. Dari beasiswa pendidikan ini, diharapkan adanya peningkatan mutu layanan dan penguasaan teknologi kesehatan.

“Beasiswa ini pun sangat mempengaruhi jenjang karir. Jadi, silahkan berkompetisi untuk mendapatkan beasiswa ini,” kata Caroline Riady.

Mengacu pada data PPNI melalui Munas di Palembang tahun 2016, hingga saat ini PPNI mencatat terdapat 990.000 perawat Indonesia yang bekerja di seluruh institusi kesehatan nasional dan swasta.

Dari jumlah tersebut, PPNI memiliki 470.000 anggota. Adapun, jumlah perawat yang bekerja di jaringan rumah sakit Siloam terdapat sekitar 3.000 perawat yang tersebar di 33 rumah sakit Siloam. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015