Kemenpar Optimis Sertifikasi SDM Pariwisata Sesuai Target

Kamis, 24 Mei 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Rizki Handayani Mustafa mengungkapkan, sampai tahun ini sebanyak 65 ribu SDM Pariwisata sudah mendapat sertifikasi.

“Pembangunan SDM pariwisata terus kita lakukan. Meliputi semua bidang di semua daerah untuk membuat pariwisata sebagai sektor andalan,” kata Rizki Handayani, Rabu (23/5) malam, saat diskusi dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar), di Jakarta.

Kementerian Pariwisata terus mendukung perbaikan infrastruktur ke destinasi prioritas dan melakukan pembenahan bidang sumberdaya manusia pariwisata.

Pihaknya optimis, SDM pariwisata Indonesia siap menghadapi kemajuan pariwisata. Meski diakuinya, SDM pariwisata masih terkendala dalam hal penggunaan bahasa asing.

“Kemenpar harus berbicara dengan Bappenas untuk mengatasi masalah ini. Apakah nanti pemerintah membuat model Pelatihan bahasa berkelanjutan? Karena untuk memahami bahasa tidak singkat butuh waktu intensif setidaknya seperti kursus,” urainya.

Tahun ini, pihaknya akan merampungkan sisa target sertifikasi dan pelatihan SDM.  “Kami Optimis Target sertifikasi ini terealisasi dengan baik dan tepat waktu,” tandasnya. (tety)