11.8 C
New York
06/05/2021
Aktual

Menko PMK: Kowani Fair Ajang Pembuktian Kaum Perempuan

JAKARTA (Pos Sore) — Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Yohana Yambise membuka secara resmi Kowani Fair 2018, di gedung Smesco Indonesia, Kamis (24/5).

Menurut Puan, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) memiliki peran yang sangat strategis dalam memberdayakan perempuan Indonesia. Karenanya, ia mengapresiasi kegiatan yang mengangkat tema ‘Optimalisasi Kemandirian Perempuan Pengusaha Untuk Ketahanan Ekonomi Keluarga’ ini.

Terlebih pelaksanaan Kowani Fair 2018 ini bisa menjadi sarana mempromosikan industri kreatif melalui usaha mikro, kecil dan menengah.

“Saya sangat mengapreasi pelaksanaan Kowani Fair yang sudah ke 17 ini. Ini merupakan wujud gotong royong dalam memajukan UMKM dan produksi dalam negeri,” kata Puan Maharani.

Puan pun berharap pelaksanaan Kowani Fair 2018 ini dapat menjembatani serta memfasilitasi wanita pengusaha untuk mempromosikan hasil produknya sekaligus mencari pasar-pasar baru.

Ia menandaskan, Kowani Fair 2018 seharusnya dapat menjadi ajang pembuktian kaum perempuan, juga memiliki kemampuan dan dapat berperan menjadi bagian dari tulang punggung perekonomian dengan melestarikan budaya daerah dan menciptakan lapangan kerja. 

“Penyelenggaraan Kowani Fair tentu selalu ditunggu-tunggu. Untuk inovasi dari keunggulan produk dalam negeri harus tetap dilakukan agar antusiasme tetap tinggi,” ujarnya.

Peran Kowani melalui Kowani Fair ini, menurutnya juga sangat strategis dalam memberikan dorongan kepada kaum perempuan untuk membangun kapasitas dirinya.

Kowani Fair 2018  juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perempuan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kiprahnya dan berperan memajukan perekonomian.

“Peran usaha mikro dan kecil yang sebagian besar digeluti kaum perempuan, terbukti menjadi penopang perekonomian bangsa pada krisis 1998 lalu,” tegasnya.

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo menjelaskan, penyelenggaraan Kowani Fair 2018 ini bagian dari kegiatan untuk menyambut General Assembly International Council of Women (GA ICW) yang ke-35 pada September 2018 di Yogyakarta.

“Acara ini diselenggarakan untuk menyambut kongres wanita sedunia yakni GA ICW karena Indonesia terpilih sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat menjadi sarana untuk memperkuat posisi perempuan dalam masyarakat dan ekonomi. Sejumlah tokoh perempuan dari berbagai belahan dunia seperti Filpina, Korea Selatan, turut hadir dalam pertemuan tersebut. (tety)

Related posts

Agustinus Wibowo Bagikan Ilmu Menjadi ‘Travelling Writing’

Tety Polmasari

Program BPJS Sentuh Pekerja Informal Di Gorontalo

Tety Polmasari

Zainuddin Maliki: Guru Perlu Dilatih Cara Benar Kelola Belajar Darum

Akhir Tanjung

Leave a Comment