Lagi, Kowani Usulkan 2 Tokoh Perempuan sebagai Pahlawan Nasional

Minggu, 27 Mei 2018

JAKARTA (Pos Sore)   – Kowani Fair 2018 yang berlangsung selama empat hari, akhirnya resmi ditutup oleh Menteri Sosial Idrus Marham, di Smesco Indonesia, Jakarta, Minggu (27/5).

Di hadapan mensos, Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo, meminta agar pengajuan dua tokoh perempuan sebagai pahlawan nasional, segera dikeppreskan.

“Kowani meminta agar menteri sosial kembali mengusulkan kepada Presiden untuk mengangkat dan menetapkan dua tokoh perempuan yang dimaksud untuk menjadi pahlawan nasional,” ujarnya.

Dua tokoh yang dimaksud yakni seorang jurnalis perempuan Rohana Kudus asal Sumatera Barat dan pencipta lagu anak-anak, Saridjah Niung yang dikenal dengan sebutan Ibu Soed.

“Dari 169 pahlawan nasional, sebanyak 13 adalah pahlawan perempuan. Padahal jumlah tokoh perempuan yang berjasa bagi negara sangat banyak. Karenanya, pahlawan perempuan harus ditambah karena dapat menjadi role model penerus bangsa,” tandasnya.

Sebelumnya, Kowani sukses mengantarkan Laksamana Keumalahayati atau dikenal Laksamana Malahayati menjadi pahlawan nasional pada 2017.

Giwo menilai dua tokoh perempuan tersebut pantas menyandang gelar pahlawan nasional, karena jasanya yang sedemikian besar bagi perjuangan bangsa Indonesia.

“Kami terus mengumpulkan data dan naskah serta bukti otentik untuk mengusulkan dua tokoh perempuan tersebut menjadi pahlawan nasional,” kata Giwo Rubianto.

Hingga saat ini, katanya, bukti otentik usulan jurnalis Rohana Kudus sudah lengkap. Sedang untuk Ibu Soed proses pengumpulan data masih terus berlangsung.

Dalam pandangannya, jurnalis Rohana Kudus patut diangkat menjadi pahlawan nasional. Dalam sejarah perjuangan bangsa, Rohana pernah menerbitkan surat kabar perempuan  ‘Sunting Melayu’. Di koran ini mulai dari pimpinan redaksi, redaktur hingga wartawannya adalah perempuan.

Rohana juga memperjuangkan kaum perempuan melalui pelatihan baca tulis, pendidikan agama hingga perdagangan.

Sedang Ibu Soed, merupakan guru musik, pencipta lagu anak-anak yang berhasil menciptakan lebih dari 200 lagu sepanjang hidupnya. Ihwal penciptaan lagunya, bermula dari keprihatinan  Ibu Soed melihat situasi anak Indonesia yang kurang gembira pada awal-awal kemerdekaan.

Sementara itu, Mensos Idrus Marham dalam sambutan penutuan Kowani Fair mengatakan akan mendukung setiap langkah dan upaya Kowani termasuk usulan Rohana Kudus dan Ibu Soed menjadi pahlawan nasional.

“Kami prinsipnya mendukung apa yang dilakukan Kowani. Kebesaran Kowani harus tercermin pada prestasi. Dan, harus diingat, perempuan itu tiang negara. Perempuan yang baik insyaallah negara juga baik,” katanya. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015