Mahfud MD dan PKS Damai Soal Polemik Gaji BPIP

Possore.com- Moment peringatan Hari Pancasila tahun ini boleh jadi, merupakan momentum berakhirnya konflik antara mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga anggota Dewan Pembina Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud MD dengan para politisi yang bernaung di bawah Partai Keadailan Sejahtera (PKS).

Setidaknya, seperti dikemukakan Mahfud MD.”konflik” antara dirinya dengan PKS telah berakhir setelah dirinya dan Presiden PKS, Sohibul Iman, saling berangkulan.

“Kalau saya masalah itu sudah selesai dengan berpelukan dengan Pak Sohibul Iman tadi, sisanya tinggal masyarakat mau berhenti juga atau mau meneruskan terserah, itu sudah di luar saya,” ungkapnya sebagaimana dikutip Tribunnew.com.

Konflik berawal saat Mahfud MD menerima meme dari temannya asal Yogyakarta yang merupakan kader PKS, di mana dalam meme bergambarkan dirinya itu bertuliskan “Saya Pancasila, Saya 100 Juta”.

Meme itu dibuat berdasarkan polemik gaji ketua dan anggota Dewan Pengarah BPIP yang juga menghangat akhir-akhir ini. Megawati, yang menjadi Ketua Dewan Pembina BPIP juga merupakan salah satu figur yang paling disorot masyarakat karena dari jabatan itu Ketua Umum PDI Perjuangan itu menerima penghasilan Rp 112 juta / bulannya.

Selain Mahfud, yang menjadi anggota Dewan Pembina BPIP lainnya adalah Try Sutrisno, KH Maruf Amin (Ketua MUI) dan sejumlah nama lain.

Mahfud mengatakan, kader PKS yang mengiriminya meme tersebut sudah meminta maaf kepada dirinya dan ucapan permintaan maaf itu Mahfud MD menganggap masalah itu sudah selesai.

Mahfud dan Sohibul Iman hadir pada upacara peringatan Hari Pancasila 1 Juni di Kementerian Luar Negeri, Jumat pagi (1/6). Upacara itu sendiri dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan, Pancasila adalah berkah indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia melalui perenungan, pergulatan pemikiran, dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

“Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” kata Presiden.

Jokowi — panggilan akrab Presiden — mengingatkan, adalah tugas dan tanggung jawab kita, untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, Presiden menegaskan pentingnya bangsa Indonesia meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, menurut Kepala Negara, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama, lanjut Kepala Negara, juga merupakan sebuah keharusan.

“Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati,” kata Kepala Negara seraya menambahkan, bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.

“Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat,” tegas Presiden Jokowi.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, Presiden Jokowi meyakini, Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Ia meminta segenap elemen bangsa harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif.

Kepala Negara meyakini, semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Paragames yang diselenggarakan tahun ini.

Kepala Negara mengajak masyarakat agar Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-niai Pancasila.(lya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!