Mentan Pastikan Stok Pangan Jelang Lebaran Aman

Selasa, 5 Jun 2018

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Pertanian terus melakukan pemantauan untuk memastikan stok pangan di seluruh Indonesia aman. Menjelang lebaran ini, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, menegaskan, stok pangan aman.

“Kami pantau di seluruh Indonesia, stok siap di mana-mana,” katanya usai Rakor Gabungan Serap Gabah Petani, Optimalisasi Alsintan, dan Luas Tambah Tanam 2018 di Kementan, Jakarta, Selasa (5/6/2018)

Amran mengatakan, pemantauan stok terhadap beras dan beragam komoditas pangan lainnya menjadi tujuan pertama dari digelarnya rakor gabungan tersebut.

“Stok beras juga bisa ditambah sekitar 1,5 juta ton dari stok beras yang ada saat ini,” tambahnya.

Amran, katanya, terus berkoordinasi baik untuk menambah stok, memperluas area tanam lahan pertanian, serta meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Sebelumnya, Mentan menyatakan, ketersediaan atau stok pangan selama Ramadhan hingga Idul Fitri akan ditingkatkan hingga 20 persen dari hari-hari biasa.

“Hal itu kami lakukan sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga komoditas pangan saat hari-hari besar keagamaan,” ujarnya.

Terkait Luas Tambah Tanam (LTT) tahun 2018, diakuinya, rendah dan tidak mencapai terget. Ia mengaku kecewa dengan keadaan yang terus berulang ini. Pencapaiannya baru 75,45 persen.

Karena kecewa, mentan pun mengancam anggaran bagi provinsi atau kabupaten akan dialihkan ke daerah lain bila nanti tidak mencapai target. Bahkan juga mengevaluasi kinerja dan jabatan Pj Upsus Pusat tersebut.

Amran menegaskan, upaya khusus menggenjot produksi padi atau gabah nasional ya melalui LTT. Terlebih mentan menargetkan Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia pada 2045.

Selain itu, upaya percepatan harus dilakukan yaitu dengan mencari lahan yang baru panen, dan beras yang belum diolah.

Karenanya, Amran meminta Dinas Pertanian, Kodim, Penyuluh, Koramil/Babinsa untuk berkoordinasi menggerakkan mahasiswa STPP dan alumni agar segera mendistribusikan alsintan dan mengolah lahan. (tety)