Terkait JPO Tertabrak Truk Trailer

Pengelola Tol JORR Telah Lakukan Penanganan Sementara

Jumat, 29 Jun 2018
Jembatan Penyeberangan Orang yang tertabrak trailer telah ditangani pihak pengelola jalan tol

POS SORE – Perseroan Terbatas (PT) Jalantol Lingkar Luar Jakarta (PT JLJ) yang merupakan pengelola Jalan Tol JORR mengungkapjan pihaknya telah selesai melakukan penangan sementara Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang ditabrak truk trailer akibat over dimension di KM 34 Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) arah Pondok Indah.

Menurut Fredty Irawati, Kepala Divisi Pemeliharaan PT JLJ, menjelaskan pihaknya telah melakukan evakuasi truk tersebut pada pada Jumat (29/6/2018) pukul 01.00.

“Kita sudah langsung melalukan penanganan sementara pada pukul 01.00 hingga pukul 07.00, saat ini, kondisi sudah kembali normal,” tuturnya di kantor PT JLJ di Jatiasih, Kota Bekasi Jumat (29/6).

Ia menjelaskan langkah yang dilakukan yaitu dengan pemasangan rangka penahan gelagar atau ‘Heavy Shoring’ pada 4 titik lokasi jembatan, 2 titik di lajur arah Pondok Indah dan 2 titik di lajur yang mengarah ke Cikampek.

“Pemasangan gelagar dengan jarak 1.5 m dari bahu dalam dimaksudkan agar tidak mengganggu arus lalu lintas,” katanya. Pemasangan gelagar juga dilengkapi dengan kerangka yang telah memperhitungan beban maksimal hingga mencapai 320 ton.

“Jadi ini penangan sementara, rangka dilindungi dengan Movable Concetre Barrier (MCB) sejumlah 15 buah untuk mengantisipasi tertabrak kendaraan kembali,” katanya.

Sebelumnya truk trailer over dimension menabrak Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di KM 34 Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) arah Pondok Indah, Kamis (28/6/2018) pukul 14.05 WIB.

Truk trailer yang dikemudikan oleh Adi Haryadi (40) tersebut mengangkut alat-alat bor milik perusahaan pertambangan, PT Haliburton.

Truk dengan nomor polisi B 9243 UYX merupakan kendaraan dari PT Selog (Serasi Logistik Indonesia), perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi yang beralamat di Jalan Pontianak Blok C2 No 1, KBN Marunda, Jakarta Utara. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (emf)